Bagaimana Menyebutkan Waktu dalam Bahasa Inggris? | Bahasa Inggris Kelas 7

  • Whatsapp

Menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris ternyata bisa dilakukan dengan beberapa cara nih! Tahukah kamu bagaimana caranya? Yuk simak selengkapnya di artikel Bahasa Inggris kelas 7 berikut ini!

Guys, siapa di antara kalian yang sering terlambat datang ke sekolah? Beberapa dari kalian datang terlambat karena salah lihat jam, ya? Jangan sampai terulang lagi ya! 

Psst, tahukah kamu cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris? Hmm, bagaimana menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris, ya? Yuk, sekarang kita belajar bahasa Inggris bersama! Oh iya, jangan lupa dibaca juga materi tentang preposition of time terlebih dahulu! 

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris. Kita bahas satu persatu, ya!

Cara Membaca Jam: Pukul Tepat

Penyebutan jam yang pertama adalah penyebutan jam untuk pukul tepat. Contohnya, pukul 11.00. Dalam bahasa Inggris, pukul 11.00 dibaca dengan eleven o’clock. Agar kamu lebih paham, coba perhatikan beberapa contoh lainnya pada gambar berikut ini:

cara membaca jam pukul tepat

Nah, kamu sudah paham kan cara penyebutan jam untuk pukul tepat? Terus kalau ada menitnya gimana ya? Untuk menyebutkan waktu dengan pukul yang tidak tepat, maksudnya disertai dengan menit, ternyata ada beberapa cara nih. 

Baca Juga: Cara Menulis dan Menyatakan Hari, Tanggal, Bulan, Tahun dalam Bahasa Inggris

 

Cara 1 Membaca Jam: Pukul Tidak Tepat

Kalau jamnya menunjukkan pukul yang tidak tepat, misalnya seperti 4.10 (pukul empat lebih sepuluh menit), kamu bisa menyebutkan jamnya terlebih dahulu baru kemudian diikuti dengan menitnya. Contohnya seperti berikut:

cara membaca jam pukul tidak tepat

Cara 2 Membaca Jam: Pukul Tidak Tepat

Selain menggunakan cara sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih formal, yaitu dengan menyebutkan menitnya terlebih dahulu, baru jamnya. Kalau ingin menyebutkan pukul ‘lebih’, kita gunakan kata past. Sedangkan, kalau ingin menyebutkan pukul ‘kurang’, kita gunakan kata to. Contohnya seperti berikut:

Baca Juga: Cara Menyapa Orang Dalam Bahasa Inggris (Greetings)

cara 2 membaca jam pukul tidak tepat

Itu tadi cara membaca jam yang ada menitnya ya, guys! 

Cara 3 Membaca Jam: Pukul Tidak Tepat

Eittsss, ada satu lagi nih cara membaca jam dengan pukul tidak tepat. Kalau pukul yang ingin disebutkan itu lebih 15 menit atau setengah jam, ada caranya sendiri, loh! Kamu juga bisa menyebutkan 30 menit dengan kata ‘half’ dan 15 menit dengan kata ‘quarter’. Misalnya:

cara 3 membaca jam pukul tidak tepat

Tapi, kalau kamu ingin menyebutkannya dengan cara 1 juga tetap bisa ya.

Baca Juga: Belajar Angka dalam Bahasa Inggris

Untuk penyebutan jam dalam bahasa Inggris juga dikenal istilah a.m. dan p.m. A.m adalah kependekan dari ante merediem yang digunakan untuk menunjukkan waktu antara jam 00.00 sampai pukul 11.59. Sedangkan, p.m. adalah kependekan dari post merediem yang digunakan untuk menjelaskan waktu antara 12.00 sampai 23.59. Contohnya adalah 5.15 a.m. (a quarter past five a.m.). 

Eits, kalau kamu ingin memberikan keterangan waktu selain A.M. dan P.M. juga boleh, lho! Keterangan waktu yang digunakan antara lain in the morning, in the afternoon, in the evening, atau at night. Contohnya antara lain 7.20 p.m. yang juga bisa dibaca dengan twenty past seven in the evening.

Nah, mudah kan cara menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris? Supaya makin ahli, yuk berlatih bersama di ruangbelajar! Di sana banyak materi seru lainnya yang bisa bikin kamu tambah pinter Bahasa Inggris. Eits, bahkan nggak cuma Bahasa Inggris, lho. Kamu juga bisa belajar mata pelajaran lain yang juga nggak kalah seru dan menarik. Yuk buruan gabung!

 

Artikel ini telah diperbarui oleh Adya Rosyada Yonas pada 10 November 2022.