Apple perbarui iPad Pro dengan prosesor teranyar M2

  • Whatsapp

cocotekno.com – Apple akhirnya mengenalkan generasi terbaru dari iPad Pro dengan membawa pembaruan terbesar berupa disematkannya prosesor M2 teranyarnya.

Adapun dua iPad Pro model terbaru tersedia dalam dua ukuran yaitu 12.9 inci dan 11 inci serta membawa Apple Pencil dengan fitur hover yang telah ditingkatkan.

Bacaan Lainnya

“Ditenagai dengan chip M2, iPad Pro terbaru memiliki performa yang luar biasa dan memiliki teknologi paling canggih termasuk peningkatan fitur-fitur seperti Apple Pencil yang telah naik kelas dengan pengalaman hovernya, ProRes Video Capture, konektivitas pengisian daya nirkabel, serta fitur baru iPadOS 16,” kata Senior VP of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak dalam siaran persnya, Rabu.

Chip M2 besutan Apple sebelumnya juga ditemukan di MacBook Air 2022 serta MacBook Pro 13 inci memiliki spesifikasi CPU 8-inti (inti kinerja 4x serta inti efisiensi 4x) dan GPU 10-inti, bersama dengan Mesin Neural 16-inti untuk mesin.

Prosesor itu diklaim Apple memiliki kinerja grafis 35 persen lebih cepat hingga kinerja bandwidth memori 50 persen lebih besar daripada M1 pada iPad Pro generasi sebelumnya.

Dengan layar sentuh yang diperbarui dan iPadOS 16, iPad Pro teranyar juga mendukung fungsi hover dengan Apple Pencil generasi ke-2.

Pencil itu kini dapat dideteksi hingga 12mm di atas layar, serta dapat difungsikan mengaktifkan fungsionalitas tambahan dalam aplikasi.

Fungsionalitas itu akan tersedia baik di aplikasi pihak pertama maupun ketiga.

Dari segi konektivitas, iPad Pro baru memiliki konektivitas nirkabel yang ditingkatkan dalam bentuk Wi-Fi 6E.

Konektivitas tersebut diklaim mampu menyediakan unduhan hingga 2,4Gbps, 2 kali lebih cepat dari model sebelumnya.

Ada juga dukungan Bluetooth 5.3 yang diperbarui dan konektivitas 5G pada model LTE.

Lalu dengan adanya chipset M2, fitur kamera di iPad Pro juga mengalami peningkatan kinerja.

Meski ukurannya tidak berubah, namun Encoder ProRes yang baru memungkinkan iPad Pro 2022 ini mampu merekam video langsung dalam codec ProRes berkualitas tinggi Apple dan mentranskodenya hingga 3 kali lebih cepat.

Untuk fisiknya, baik model 12.9 inci dan 11 inci keduanya memiliki tampilan yang kurang lebih sama seperti generasi sebelumnya.

Membahas harga, Apple juga nampaknya mempertahankan harga seperti generasi sebelumnya.

Apple iPad Pro 11 inci untuk versi WiFi dijual seharga 799 dolar AS (Rp12,3 juta) dan versi seluler seharga 999 dolar AS (Rp15,4 juta).

Sedangkan untuk iPad Pro ukuran 12,9 inci versi WiFi dibanderol seharga 1099 dolar AS (Rp17 juta) dan versi seluler seharga 1299 dolar AS (Rp20 juta).

Perangkat ini sudah dapat dipesan secara daring atau menggunakan metode prapesan di Apple store 28 negara termasuk Amerika Serikat dan mulai tersedia secara langsung di gerai-gerai Apple pada 26 Oktober 2022.

Belum diketahui kapan iPad Pro teranyar ini akan rilis di Indonesia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait