Alasan Bripka RR Lucuti Senjata Brigadir J Diungkap Kuasa Hukum

  • Whatsapp

cocotekno.com – Tim pengacara Ricky Rizal Wibowo ( Bripka RR ) memaparkan bahwa alasan kliennya mengamankan senjata milik Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sebelum penembakan adalah untuk mencegah hal-hal berbahaya yang tak diinginkan.

“Terdakwa Rizky Rizal Wibowo mengamankan senjata korban Nofriansyah Yosua Hutabarat, dikarenakan terjadi keributan antara saksi Kuat Maruf dan korban Nopriansyah Yosua Hutabarat,” kata kuasa hukum Ricky Rizal

Bacaan Lainnya

Ricky Rizal juga disebut melihat keributan yang terjadi antara Kuat dan Brigadir J . Diakui Ricky, ia melihat kuat membawa pisau.

Dijelaskan tim kuasa hukum Bripka RR , jika dalam keributan yang terjadi Kuat Maruf membawa sebilah pisau sesuai dengan Berita Acara Konfrontasi yang dibuat pada hari Rabu, 31 Agustus 2022, poin 8.

“Dalam pernyataannya, Kuat Ma’ruf membenarkan bahwa dirinya melakukan pengejaran terhadap korban Nopriansyah Yosua Hutabarat dengan membawa sebilah pisau,” ucap kuasa hukum Ricky Rizal.

Pada sidang pertama Ricky Rizal yang berlangsung Senin, 17 Oktober 2022, terungkap bahwa mulanya Ferdy Sambo memerintahkan polisi berpangkat Bripka itu untuk mengeksekusi Brigadir J .

Namun, karena tak kuat mental, Ricky menolak perintah tersebut.

“Terdakwa Ferdy Sambo meminta kepada saksi Ricky Rizal Wibowo dengan berkata kamu berani nggak tembak dia ( Brigadir J ). Dijawab oleh saksi Ricky Rizal Wibowo, tidak berani pak karena saya gak kuat mentalnya,” ujar Jaksa Penuntut Umum Rudy Irmawan di persidangan.

Mendengar penolakan dari Ricky, Sambo tidak mempermasalahkannya. Kemudian, ia meminta Ricky untuk menjaganya jika Brigadir J melakukan perlawanan.

“Kemudian terdakwa Ferdy Sambo mengatakan kepada saksi Ricky Rizal Wibowo, tidak apa-apa. Tapi, kalau dia (Yosua) melawan, kamu back up saya di Duren Tiga. Dan perkataan terdakwa Ferdy Sambo tersebut tidak dibantah oleh saksi Ricky Rizal Wibowo sebagaimana jawaban sebelumnya,” kata Jaksa.

Ricky mengetahui rencana pembunuhan ini. Ia mengawasi keberadaan Brigadir J supaya tidak pergi ke mana-mana.

Menurut jaksa, sebenarnya Ricky mempunyai kesempatan untuk menyuruh Brigadir J lari atau pergi supaya terhindar dari pembunuhan. Namun, Ricky memilih untuk ikut skenario Sambo.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait