9 Cara Cermat Agar Cepat Memahami Pelajaran

  • Whatsapp

Artikel berikut ini berisi cara cermat agar cepat memahami pelajaran. Sangat cocok dibaca untuk membantu kamu lebih siap dalam mengadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) nantinya. 

Sudah tiba saatnya kamu menghadapi PAS (Penilaian Akhir Semester). Frekuensi belajarmu pasti lebih meningkat dibanding biasanya. Nah, di masa-masa ini rentan sekali timbul kejenuhan saat belajar. Wajar kok, apalagi kalau kamu merasa sulit memahami pelajaran karena cara belajarmu kurang tepat atau terlalu dipaksakan. 

Bagi kamu yang masih mendapat kesulitan ketika belajar, terlebih dalam menghadapi PAS, ini dia bebeapa trik yang mungkin bisa dicoba. Selain membantu untuk meningatkan kualitas belajar, fun juga lho!

 

1. Membuat Catatan Kecil

Ada salah satu kesalahan saat belajar. Biasanya, kita cenderung menghafal setiap detil materi yang disampaikan. Daripada kamu fokus menghafal, lebih baik fokus ke poin-poin pentingnya saja.

Bagaimana strateginya agar kamu tertarik baca? Ketika guru sedang menyampaikan materi, catat hal-hal penting di sticky notes. Misalnya rumus phytagoras, rumus tenses, dan buat kata kunci yang mudah diingat. Dengan menulis, kamu sambil mengingat kembali pelajaran lho. Kemudian, tempel di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Dinding kamar, cermin, atau buku.

 

2. Menggarisbawahi Hal Penting

Menggaris bawahi hal-hal penting saat membaca atau mempelajari sebuah buku tentu tidak akan menyulitkanmu, bukan? Kalau ribet pakai penggaris, highlighter atau pulpen berwarna bisa membuat bukumu lebih berwarna. Apabila penuh warna, maka semangatmu juga akan lebih meningkat. Cara ini akan memudahkanmu ketika mencari materi yang dibutuhkan karena menghemat waktu.

 

3. Membuat Mind Map

Ada lagi cara menghemat jam belajarmu dan membuat lebih siap menghadapi ujian. Coba cara mind mapping deh. Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Tulisan yang dihasilkan adalah gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kreatif.

Baca Juga: Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Yuk Dicoba!

mind mappingBelajar dengan mind map (sumber: jonaisvirtuais.com)

 

 

4. Perbanyak Latihan Soal

Hayooo siapa yang sampai saat ini masih malas buat jawab latihan soal? Padahal, buat menghadapi PAS ini, sangat penting lho menjawab latihan -latihan soal gitu. Semakin sering kamu menjawab latihan soal, maka kamu akan semakin paham model soal yang ditanyakan. Pastinya soal yang diujikan nanti tidak jauh berbeda dengan latihan soal sebelumnya.

 

5. Case Study

Ada beberapa materi yang agak sulit dipahami hanya dengan mengikuti pedoman teori. Oleh sebab itu, studi kasus bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan cara ini, kamu akan dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga mampu memvisualisasikan teori dan jadi lebih mudah paham.

 

6. Brainstorming

brainstormingCari teman belajar kelompok dan bertukar pikiran (sumber: wisegeek.com)

Nah, kalau kamu bosan belajar sendiri, tidak ada salahnya coba belajar dengan teman-teman. Brainstorming bisa jadi salah satu cara untuk bertukar serta memperluas ide yang kamu dan teman-temanmu miliki. Saat proses ini berlangsung, tidak ada salah dan benar, semua sama. Selain lebih seru, kamu akan mendapat banyak ide baru yang memperkaya pengetahuanmu.

 

7. Manfaatkan Paket Belajar dari Ruangguru

Belajar di Ruangguru bisa membantu kamu untuk lebih cepat memahami konsep materi yang diajarkan. Kamu bisa melihat materi pelajaran dibawakan dengan cara yang interaktif melalui video beranimasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin belajar cepat atau lebih detail dengan Konsep Kilat. Selama belajar, kamu bisa langsung mengerjakan soal dan video pun akan berjalan sesuai dengan jawaban kamu dengan adanya fitur Adapto.

Baca Juga: 7 Fitur Unggulan di ruangbelajar yang Beda dari yang Lain

 

8. Cari tahu tipe belajarmu

Memahami tipe belajar ini tidak boleh dihiraukan, lho. Kalau kamu sudah paham tipe belajarmu, maka ke depannya akan lebih mudah untuk mengerti pelajaran dengan caramu sendiri. Misalnya dengan menonton video belajar, mendengar rekaman suara, diiringi lagu, dan sebagainya. Sudah tahu belum tipe belajarmu? Baca di sini ya.

 

9. Buat Jadwal Belajar

Cara ini memang terlihat sepele tapi punya dampak yang sangat besar. Jadwal belajar bisa membangun konsistensi kamu dalam belajar, terlebih di masa menjelang ujian seperti PAS. Jangan jadikan jadwal belajar kamu hanya pajangan di kamar kamu saja ya. Gunakan sebagai pemicu semangat kamu untuk bisa sukses hadapi ujian.

Nah, itu tadi 9 cara cermat supaya kamu bisa cepat paham dengan pelajaran. Bagaimana? Sudah siap belum buat hadapi PAS kali ini? Harus siap dong. Yuk, pakai aplikasi Ruangguru untuk bantu persiapan PAS kamu jadi lebih matang.

Sumber Foto:

Mind Mapping. Tautan:

Teman belajar kelompok. Tautan:

Produk Ruangguru. Tautan: