5 Wisata Dekat Museum Sumpah Pemuda Jakarta, Beli Es Krim Legendaris

  • Whatsapp

cocotekno.com

KOMPAS.com – Museum Sumpah Pemuda beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Tempat ini bisa dikunjungi untuk turut memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

Bacaan Lainnya

Di Museum Sumpah Pemuda, pengunjung bisa menjumpai aneka benda bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa penting tersebut, antara lain biola W.R. Supratman dan patung sejumlah tokoh Sumpah Pemuda.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (27/10/2022), museum ini juga menyelenggarakan beragam acara terkait Hari Sumpah Pemuda.

Setelah puas menjelajahi museum, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa tempat wisata di dekatnya:

Wisata dekat Museum Sumpah Pemuda

1. Maison Weiner Cake Shop

Maison Weiner berlokasi cukup dekat dengan Museum Sumpah Pemuda yakni 240 meter dengan durasi berjalan kaki kira-kira lima menit.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner legendaris di Ibu Kota. Berdiri sejak tahun 1939, bakery ini dulunya bernama Bengkel Koewe Weiner.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (25/1/2022), wisatawan bisa berburu aneka jenis roti di tempat ini.

2. Ice Cream Baltic

Ice Cream Baltic berjarak 500 meter dari Museum Sumpah Pemuda. Jika wisatawan berjalan kaki, maka waktu tempuhnya hampir 10 menit.

Toko es krim ini juga berdiri pada tahun 1939. Wisatawan bisa menyantap es krim legendaris dan salah satu yang tertua di Ibu Kota.

Beberapa rasa es krim yang wajib dinikmati adalah rasa cokelat, rum raisin, dan durian.

3. Pasar Senen

Sedikit lebih jauh dari Museum Sumpah Pemuda, yakni 750 meter, ada Pasar Senen. Wisatawan bisa berkendara selama sekitar lima menit.

Kawasan ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin thrifting atau membeli barang bekas layak pakai guna menghemat pengeluaran, dikutip dari , Senin (7/6/2021).

Salah satu lokasi thrifting pakaian yang bisa didatangi adalah Pasar Jaya Senen di lantai 3. Dilaporkan oleh , Kamis (17/2/2022), beragam pakaian impor dengan harga terjangkau bisa dijumpai di tempat ini.

4. Gedung Joang ’45

Berjarak 1,9 kilometer dari Museum Sumpah Pemuda, Gedung Joang ’45 atau Museum Joang ’45 telah dikenal sebagai salah satu titik sejarah awal lahirnya kemerdekaan Indonesia. Wisatawan bisa mencapainya dengan berkendara kira-kira enam menit.

Dilansir dari , Jumat (10/8/2018), salah satu gagasan yang lahir di tempat ini adalah penculikan Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Peristiwa tersebut selanjutnya dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

Wisatawan juga bisa napak tilas atau memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di tempat ini.

5. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) berlokasi 2-3 kilometer dari Museum Sumpah Pemuda, dengan durasi berkendara kira-kira 11 menit.

Kawasan ini terdiri dari beragam tempat, mulai dari perpustakaan, galeri seni, hingga Planetarium. Wisatawan juga bisa berfoto-foto di berbagai spot Instagramable.

Sebagai informasi, TIM telah dibuka secara bertahap sejak Juni 2022 setelah direvitalisasi sejak tahun 2019.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait