5 Perlengkapan Praktis yang Harus Dibawa Wisatawan Muslim

  • Whatsapp

cocotekno.com

    4SHARES

Foto: Ilustrasi/Shutterstock

Bacaan Lainnya

Dream – Barang-barang yang biasa dibawa saat traveling didominasi kebutuhan sehari-hari. Sebut saja baju, celana, keperluan mandi, rangkaian perawatan tubuh, dan alat-alat kecantikan buat kaum Hawa.

Namun, beberapa orang tidak menyadari bahwa wisatawan Muslim memiliki tuntutan berbeda agar ibadah selama traveling tak terlewatkan.

Ada beberapa kebutuhan-kebutuhan yang wajib banget diperhatikan umat Muslim baik liburan keluarga, perjalanan bisnis, atau bepergian sendirian.

© Shutterstock

1. Sajadah

Ini adalah salah satu barang yang paling mendasar dan penting untuk kamu bawa sebagai seorang wisatawan Muslim adalah sajadah. Saat bepergian atau mengunjungi lokasi selama waktu sholat tetapi di masjid tidak tersedia, sajadah pribadi mempermudah menjalankan ibadah kamu.

© Shutterstock

2. Makanan Halal Instan

Ketika kamu mengunjungi negara-negara besar, kamu bisa saja merasakan lapar tiba-tiba. Saat dalam keadaan seperti itu, biasanya kamu bisa langsung membuat makanan yang sudah kamu bawa. Kamu tidak perlu repot mencari tempat penjual makanan atau bingung mencari makan halal atau tidaknya.

3. Tisu Pembersih

Kamu bisa membawa tisu untuk mempermudah kamu dalam menjaga kebersihan saat kamu bepergian ke negara orang.

Khususnya untuk perjalanan kamu saat tamasya di luar ruangan, tisu sangat nyaman untuk membersihkan sebagian besar kotoran. Kuncinya adalah menjaga kebersihan diri kita sendiri, karena itu adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

4. Selendang

Kebutuhan yang kamu bawa adalah selendang, kamu bisa dengan cepat dan mudah menggunakannya untuk melindungi kulit tubuh dari sinar matahari atau sekadar menghangatkan tubuh saat cuaca menjadi dingin.

© Shutterstock

Selain itu, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan sebagai sajadah sementara.

Jika kamu tidak mengenakan jilbab dapat dengan mudah untuk menutupi kepalamu saat pergi ke masjid atau kuil. Sajadah bisa jadi senjata yang dapat digunakan, terlebih sajadah dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

5. Sabun

Saat bepergian, kamu mungkin khawatir akan kebersihan peralatan atau gelas yang disediakan sebelumnya di flat atau kamar hotel Airbnb. Kamu bisa membersihkannya menggunakan sabun batangan atau cair milik pribadi.

© Shutterstock

Sabun ini menawarkan pengganti praktis bagi pengunjung muslim yang akan bersih-bersih tubuh setelah beraktivitas seharian di ruangan terbuka.

Jadi itulah beberapa barang yang bisa kamu bawa untuk bepergian terutama buat wisatawan Muslim. Kamu juga harus mempersiapkan dengan baik untuk perjalanan yang nyaman.

Sumber: Halaltimes.com,

Laporan: Rena Safira

Sudah Lama Tak Liburan Sejak Pandemi? Periksa Kembali Perlengkapan Penting Ini Sebelum Traveling

Dream – Berlibur setelah banyak destinasi wisata dibuka untuk umum, meski pandemi belum benar-benar berakhir, tentu ditunggu banyak orang. Maklum, selama lebih dua tahun kita tidak bisa berwisata karena banyak lokasi wisata maupun negara yang ditutup akibat Covid-19.

Namun kita harus punya persiapan matang sebelum berlibur. Meski banyak pembatasan telah dilonggarkkan, kita harus tahu aturan detail di destinasi wisata yang kita tuju agar tidak mengalami kesulitan.

Dijuluki Surga dan Neraka, Spa Hotel di Italia ini Melawan Gravitasi

Jangan sampai liburan terganggu aturan yang tidak kita mengerti. Sebab, sejak pandemi memang banyak negara menerapkan peraturan yang berubah-ubah, menyesuaikan kondisi kasus Covid-19 di masing-masing wilayah.

Selain aturan, mungkin perlengkapan kita perlu diperiksa kembali. Setelah lama tidak berlibur, mungkin saja barang-barang penunjang liburan, seperti outfit, sudah harus di-upgrade lagi.

Berikut ini hal-hal penting yang harus dipersiapkan untuk liburan saat pandemi belum dinyatakan berakhir:

    Dokumen Penting

Jika berencana liburan ke luar negeri, tentu membutuhkan paspor. Dua tahun tidak liburan, coba periksa apakah paspor kamu masih aktif?

Pastikan segala dokumen penting yang akan dibutuhkan saat traveling sudah kamu siapkan sebelum berangkat.

Persiapkan Outfit

Bagi hijaber, tidak bisa membawa terlalu sedikit pakaian, karena harus membawa kerudung, dalaman hijab, dan segala macamnya.

14 Destinasi Negara ‘Muslim Friendly’ untuk Liburan Bareng Keluarga

Untuk menghindari kamu terlalu banyak membawa pakaian, kamu bisa persiapkan outfit yang akan kamu gunakan, sesuai dengan kondisi iklim dan cuaca tempat liburanmu. Setelah itu, saat packing kamu cukup membawa pakaian secukupnya saja.

    Asuransi Perjalanan

Saat liburan di masa setelah pandemi, pastikan kamu sudah menyiapkan asuransi perjalanan, dan pastikan manfaatnya termasuk saat kamu terkena covid.

Hal tersebut dilakukan, agar di situasi yang tidak menentu ini kamu bisa tetap aman, khususnya dari segi kesehatan.

    Periksa Cuaca

Setiap daerah punya cuaca yang berbeda-beda, agar tetap liburan dengan nyaman kamu bisa cek kondisi cuaca dari tempat yang akan kamu kunjungi. Agar kamu bisa menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan cuaca.

© Ilustrasi/Shutterstock

7 Barang Wajib yang Dibawa Pramugari Ketika Bertugas, Ada Alat Pijat Mini

Misalnya, kamu akan mendatangi daerah yang curah hujannya tinggi, kamu bisa mempersiapkan baju yang lebih banyak, payung, dan jas hujan.

    Vaksin dan Periksa Kesehatan

Sebelum pergi, kamu perlu melengkapi vaksinasi Covid terlebih dahulu, agar dipermudah dalam urusan persyaratan perjalanan.

Selain itu, untuk memastikan kamu dalam keadaan yang sehat, kamu juga dapat melakukan test Covid, agar kamu tahu kamu dalam kondisi yajg baik-baik saja dan tidak membawa virus ke tempat baru.

    Tukarkan Mata Uang Negara yang Dituju

Jika kamu berkunjung ke suatu negara yang punya mata uang yang berbeda, pastikan kamu sudah menukar uang dengan mata uang yang berlaku.

Segala transaksi kamu nantinya jadi dipermudah jika kamu sudah menyiapkan hal ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait