30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Pilih yang Mana?

  • Whatsapp

Artikel ini membahas tentang pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS beserta informasi umum mengenai mata kuliah yang akan dipelajari.

Hey ho! Anak IPS mana suaranya, niccc? Absen dulu coba! Sudah bingung apa baru mau bingung nanti mau milih jurusan kuliah apa? Jangan galau kelamaan, ini lho, kita kasih tahu pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS. Nggak tanggung-tanggung, ada 30 pilihan jurusan-jurusan kuliah IPS soshum (sosial humaniora) yang bisa dipilih.

Jurusan manajemen, ilmu komunikasi, hubungan internasional, apa lagi yok kita absen di sini! Selain jurusan soshum yang rasanya sudah kamu dengar berkali-kali, kamu juga butuh untuk berkenalan dengan pilihan lain jurusan kuliah untuk anak IPS, seperti jurusan antropologi, arkeologi, ilmu kesejahteraan sosial, filsafat, banyak lagi, deh. So, apa aja macam-macam rekomendasi jurusan kuliah IPS? Yuk, simak!

 

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini udah sering kamu dengar lah, ya. Nggak heran, jurusan Ilmu Komunikasi jadi salah satu jurusan paling diminati di SBMPTN 2021 dengan jumlah peminat lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Biasanya disingkat Ilkom atau Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Misalnya, di prodi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, kamu akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Komunikasi Massa dan Media
2. Statistika Sosial
3. Kajian Media Kritis
4. Public Speaking
5. Psikologi Komunikasi
6. Komunikasi Pemasaran Sosial
7. Social Network Analysis, dll.

 

2. Jurusan Manajemen

Ternyata, jurusan manajemen itu nggak cuma ada di bidang ekonomi aja, lho, gengs. Ada beberapa jurusan manajemen yang bisa kamu kulik lebih dalam lagi: Manajemen Pendidikan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, dan Manajemen Pariwiasata.

Baca juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Mata kuliah jurusan manajemen yang kamu pelajari nanti tentunya akan disesuaikan dengan bidang spesialisasi yang diambil, ya. Contohnya, kalau kamu kuliah di jurusan Manajemen Pendidikan, beberapa mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain:

1. Manajemen Peserta Didik
2. Psikologi Pendidikan
3. Kebijakan Pendidikan
4. Perencanaan Pendidikan
5. Humas Pendidikan

Lulusan dari jurusan Manajemen banyak dibutuhkan di dunia kerja. So, jurusan ini termasuk salah satu jurusan kuliah IPS yang bisa menjamin masa depan kamu.

 

3. Jurusan Hubungan Internasional

jurusan hubungan internasional-1Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Forum PBB (Sumber: inisiatifnews.com)

Kalau kamu punya ketertarikan sama isu-isu internasional, paling pas, sih, masuk jurusan Hubungan Internasional, ya. Secara, mata kuliahnya akan lebih mendorong kamu untuk lebih dalam lagi terjun belajar mengenai hal-hal tersebut secara objektif. Mata kuliah jurusan Hubungan Internasional apa saja, sih, emangnya?

Sebagai contoh nih, jurusan Hubungan Internasional di Universitas Riau memiliki kurikulum akademik dengan mata kuliah:

1. Organisasi Internasional
2. Teori Diplomasi
3. Studi Keamanan Internasional
4. Hukum Humaniter
5. Regionalisme dan Globalisme
6. Komunikasi Internasional
7. Migrasi Global

 

4. Jurusan Hukum/Ilmu Hukum

Siapa yang nonton drama Korea Law School terus tertarik untuk ngambil jurusan Hukum? Kamu sudah cukup familier lah, ya, dengan jurusan soshum yang satu ini. Belajar apa saja kalau kuliah Hukum? Sebagai contoh, mata kuliah jurusan Ilmu Hukum di Universitas Brawijaya, antara lain:

1. Hukum Negara
2. Hukum Adat
3. Hukum Perburuhan
4. Hukum dan Hak Asasi Manusia
5. Hukum Internasional
6. Hukum Lingkungan
7. Ilmu Perundang-Undangan

Baca juga: Mau Melek Hukum seperti Najwa Shihab? Pilih Jurusan Ilmu Hukum

Secara lebih detail, ada juga mata kuliah pilihan yang bisa kamu pilih. Misal, konsentrasi Hukum Keluarga, maka ada beberapa turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Adat, Perbandingan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

 

5. Jurusan Psikologi

Kamu suka dengarin curhatan temanmu, terus respon dia “Ih kamu tuh emang paling ngerti aku tau nggak?!”, nah, mungkin kamu cocok buat mematangkan kemampuan mendengarmu ini di jurusan Psikologi. Soalnya, kamu ada bibit-bibit empati yang ‘biasanya’ anak Psikologi punya. Eits, tapi perlu kamu tahu juga, kalau jurusan Psikologi ini di universitas tertentu, seperti Universitas Padjajaran, masuk ke dalam rumpun saintek. Cek perbedaan Psikologi Soshum dan Saintek dulu, yes.

Mata kuliah di jurusan Psikologi berkaitan erat dengan pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental orang itu sendiri. Contohnya antara lain:

1. Psikologi Klinis
2. Psikologi Kepribadian
3. Psikologi Perkembangan Anak
4. Psikologi Budaya
5. Coaching dan Mentoring
6. Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja
7. Psikologi Konsumen

 

6. Jurusan Akuntansi

jurusan akuntansiJurusan Akuntansi berkaitan erat dengan uang (Sumber: Pinterest @Kathy Jones)

Uwang, uwang, uwang..”, gitu, sih, kurang lebih kalo di jurusan Akuntansi. Segala bentuk transaksi keuangan, debet kredit, laba, rugi, akan dipelajari di jurusan soshum ini. Termasuk ke dalam jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diincar juga, nic. Di jurusan Akuntansi juga mempelajari tentang ranah ekonomi lainnya, seperti bisnis dan juga perpajakan. Seperti apa mata kuliah jurusan Akuntansi? Sebagai gambarannya, di Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, kamu akan mempelajari mata kuliah berikut ini:

1. Matematika Ekonomi & Bisnis
2. Bank dan Lembaga Keuangan Lain
3. Akuntansi Biaya
4. Akuntansi Pemerintah
5. Manajemen Keuangan Internasional
6. Komunikasi Bisnis
7. Pemeriksaan Akuntansi Publik

 

7. Jurusan Kriminologi

Sudah pernah dengar jurusan Kriminologi? Kalau kamu mengikuti serial atau menonton film bertemakan misteri pembunuhan, yang biasanya menayangkan scene pemeriksaan TKP (tempat kejadian perkara), ini, nih, masuk ke ranah jurusan Kriminologi. Contoh mata kuliah jurusan Kriminologi yang kamu akan pelajari, yaitu Sosiologi Perilaku Menyimpang dan Sistem Peradilan Pidana, Viktimologi, hingga Analisa Resiko Kejahatan. Jurusan Kriminologi bisa dibilang menjadi salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan, lho.

 

8. Jurusan Sosiologi

Nah, kalau jurusan Sosiologi, sih, sepertinya kamu sudah cukup familier, ya. Secara, kan, di jurusan kuliah untuk anak IPS ini juga dipelajari di sekolah, nih. Ketika di bangku kuliah nanti, pembahasan materi dan lingkup pengetahuannya akan lebih dalam. Seperti di jurusan Sosiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah sebagai berikut:

1. Sosiologi Gender
2. Sosiologi Fashion
3. Sosiologi Kesehatan
4. Sosiologi Pasar dan Konsumsi
5. Studi Urban dan Regional
6. Analisis Kriminalitas dan Korupsi
7. Teori Sosiologi Kritis dan Posmodern

 

9. Jurusan Ilmu Politik

Buat yang senang mengikuti berita politik, bisa kali, nih, jadi anak Ilpol. Secara garis besar, ya, memang itu, gengs, yang akan dipelajari: dinamika dunia politik baik di dalam dan luar negeri. Yha, harapannya sih sehabis lulus dari jurusan Ilmu Politik, bisa nyaleg manusia yang berdaya untuk diri sendiri dan sekitarnya dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari selama ini. Ngomongin ilmu yang kamu pelajari di salah satu jurusan soshum ini, bisa kita ambil contoh dari Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, ya.

1. Pemikiran Politik Indonesia
2. Pengantar Studi Demokrasi
3. Teori Gerakan Sosial
4. Kebijakan Publik
5. Militer dan Politik di Negara Berkembang

 

10. Jurusan Ilmu Administasi (Negara, Fiskal, Bisnis)

Kalau mau melanjutkan studi ke jurusan Ilmu Administrasi, perhatikan dengan baik perbedaan dari bidang spesialisasinya, ya. Pasalnya, jurusan Ilmu Administrasi nggak hanya satu aja. Sebagai contoh, di Fakultas Ilmu Administrasi UI, ada tiga jurusan yang tersedia, yaitu Ilmu Administrasi Negara, Fiskla, dan Bisnis. Contoh lainnya, di Universitas Brawijaya, ada dua jurusan Ilmu Administasi yang tersedia, yaitu Bisnis/Niaga dan Negara/Publik.

 

11. Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Yang pingin hidupnya sejahtera, mungkin kamu bisa menekuni jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, nih. Selama perkuliahan nanti, kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang menyangkut upaya meningkatkan kesejahteraan, baik itu diri sendiri atau bahkan lingkungan sekitarmu. Mata kuliah jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial yang akan dipelajari, antara lain:

  1. Metode Pekerjaan Sosial
  2. Sistem Politik Indonesia
  3. Relasi & Komunikasi Pekerjaan Sosial
  4. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  5. Keterampilan Advokasi & Mediasi

12. Jurusan Ilmu Sejarah

Yang sukanya belajar dari pengalaman masa lalu buat introspeksi di masa depan, bisa banget mempertimbangkan jurusan soshum ini. Mata kuliahnya seru-seru banget, guys. Ada Sejarah aku dan dia Perkotaan, Militer Indonesia, Agraria, Birokrasi di Indonesia, Diplomasi Indonesia, dan yang masih banyak lagi! Dari mata kuliah tersebut, mahasiwa diharapkan bisa dapat berpikir kritis, menemukan alternatif untuk berbagai dinamika kehidupan manusia.

 

13. Jurusan Arkeologi

Kamu pernah nonton Dora and the Lost City of Gold? Di film itu, orang tua Dora memiliki pekerjaan yang berkaitan erat dengan artefak, bangunan bersejarah, fosil, dan apapun yang berkaitan dengan peninggalan kehidupan manusia zaman dulu. Nah, di jurusan Arkeologi kamu akan mempelajari hal-hal serupa.

jurusan arkeologiCuplikan film Dora and the Lost City of Gold (Sumber: mariviu.com)

Mata kuliah yang diajarkan, antara lain Arkeologi Maritim, Permukiman dan Perkotaan Kuno, Permasalahan Pelestarian Cagar Budaya, Museum dan Publik hingga ada kegiatan praktik lapangan yang pastinya menyenangkan! Jurusan Arkeologi termasuk jurusan kuliah IPS yang jarang diminati, alias sepi peminat.

 

14. Jurusan Filsafat

“Mempertanyakan segala sesuatu”, kurang lebih begitu persepsi orang-orang tentang jurusan Filsafat. Betul. Nantinya ketika kamu meneruskan untuk belajar di jurusan ini, kamu akan terus didorong utnuk berpikir kritis mengenai berbagai hal. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dalam menganalisis suatu masalah yang dihadapi dengan mempertimbangan nilai objektivitas.

Mengambil contoh dari Universitas Gadjah Mada, mata kuliah yang dipelajari di jurusan Filsafat, antara lain:

  1. Fisafat Komunikasi
  2. Fisafat Akal Budi
  3. Fisafat Teknologi
  4. Estetika
  5. Etika
  6. Kosmologi
  7. Metafisika/Ontologi

 

15. Jurusan Sastra Indonesia

Di jurusan Sastra Indonesia, kamu akan sering mempelajari tentang tata bahasa Indonesia, tapi hal tersebut nggak melulu harus dibuat sebagai puisi, prosa, atau pantun, dan karya sastra lain yang umumnya kamu tahu. Ada mata kuliah jurusan Sastra Indonesia khusus di luar itu. Contohnya, mata kuliah Sosiolinguistik, nih. Mata kuliah ini merupakan penggabungan dari dua ilmu atau sering disebut sebagai interdisipliner, antara sosiologi dan linguistik.

Materi perkuliahan lain yang tidak kalah seru, kamu akan mengkaji hasil karya sastra pada mata kuliah Kritik Sastra. Mata kuliah Sastra Indonesia lain yang akan kamu dapatkan, antara lain Pengantar Jurnalistik, Penyuntingan, Filologi, Sastra Anak, Sastra Klasik, Gender dalam Sastra, dan masih banyak lagi!

 

16. Jurusan Sastra Inggris

Walaupun nantinya kita memang belajar bahasa Inggris di jurusan Sastra Inggris, bukan berarti kuliah di jurusan ini adalah solusi yang tepat untukmu belajar bahasa Inggris biar cepat bisa menguasainya.

Karena nantinya, di semester pertama jurusan Sastra Inggris saja, kamu sebagai mahasiswa sudah harus menghadapi mata kuliah seperti readingwritingspeakinglistening, dan bahkan grammar, jadi nggak lagi belajar bahasa Inggris dari dasarnya.

Di jurusan Sastra Inggris, nantinya kamu juga akan fokus belajar pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Kuliah di jurusan Sastra Inggris nggak sama dengan sekadar ikut kursus bahasa Inggris ya.

 

17. Jurusan Sastra Korea

Bagi kamu yang mengikuti Korean wave pasti akan cocok dengan jurusan Sastra Korea. Pasalnya, di jurusan ini mahasiswa akan diajari banyak hal soal Korea Selatan. Jurusan Sastra Korea merupakan program studi yang mempelajari seluk beluk budaya Korea Selatan. Subjek utama yang akan dipelajari adalah bahasa, mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca, hingga menulis. Tak hanya itu, mahasiswa pun akan belajar linguistik, fonetik, fonologi, dan kesusastraan Korea. Mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari budaya dan sejarah Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu.

seoul_south_korea_dp51202077_2_0-630x380Korea (Sumber: scholarsofficial.com)

 

18. Jurusan Sastra Perancis

Pada jurusan Sastra Perancis kamu nggak cuma belajar tata bahasa saja, tetapi juga akan dibekali dengan ilmu linguistik, kesusastraan, bahkan sejarah kebudayaan Perancis dan Frankofon, lho. Tujuannya agar kita dapat menganalisis dan memecah masalah yang berkaitan dengan ketiga ilmu tersebut. Jadi, itulah alasan kenapa kuliah di jurusan Sastra Perancis berbeda dengan kursus ya.

Selain itu, peminatan yang disediakan setiap universitas berbeda-beda, tergantung kebijakannya. Sebagai contoh, di jurusan Sastra Perancis Universitas Indonesia menyediakan tiga peminatan yang bisa kamu ambil, yaitu Sastra, Linguistik, dan Sejarah Kebudayaan. Bagi kamu suka membaca dan menganalisis film, maka kamu cocok mengambil peminatan sastra. Nah, bagi kamu yang tertarik terhadap isu-isu sosial terkini, kamu bisa ambil sejarah kebudayaan ya.

 

19. Jurusan Sastra Belanda

urusan sastra memang sangat beragam, namun ternyata dari sekian banyak jurusan sastra dan bahasa hanya ada satu kampus yang membuka jurusan Sastra Belanda yaitu Universitas Indonesia. Hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, di jurusan Sastra Belanda kamu akan belajar seputar sastra, sejarah, linguistik, dan budaya.

 

20. Jurusan Sastra Jerman

Mengutip informasi dari Goethe Institut Indonesia, pada dunia ilmu pengetahuan, bahasa Jerman merupakan bahasa terpenting kedua setelah bahasa Inggris. Tak hanya masalah bahasa, Jerman juga menempati peringkat ketiga sebagai negara yang aktif berkontribusi di bidang litbang dan penyedia beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing. Wah, menarik ‘kan?

Di jurusan Sastra Jerman, kamu akan diberikan banyak pengetahuan seputar Jerman. Mata kuliah yang kamu pelajari di program studi Sastra Jerman meliputi Bahasa Jerman, Pengetahuan Kebudayaan, Perkembangan Kesusastraan Jerman, Fonetik dan Fonologi Jerman, Telaah Teks Bahasa Jerman, Sastra Kontemporer Jerman, Budaya dan Sastra Urban di Jerman, Terjemahan Jerman-Indonesia, Kritik Sastra, dan Ragam Bahasa Jerman Profesional.

 

21. Jurusan Antropologi

Kalau kamu suka traveling, suka dengan informasi dan tantangan baru, juga suka melakukan eksplorasi, jurusan Antropologi ini cocok banget buat kamu pelajari. Mungkin juga cocok buat jadi tempat berlabuh kamu setelah lulus SMA.

Namanya kuliah di jurusan antropologi, nggak lengkap dong kalau nggak belajar tentang antropologinya sendiri. Jadi, kamu pun akan banyak belajar tentang sejarah dari antropologi, dan seperti apa antropologi di Indonesia. Hal yang menarik lagi, kamu juga akan melakukan praktek turun lapangan. Bagi kamu yang nggak suka hitungan, jurusan kuliah IPS ini nggak ada matematikanya. So, tenang aja.

 

22. Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi adalah tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, dan lingkungan, yang jumlahnya terbatas agar dapat memenuhi kesejahteraan manusia. Melalui pertimbangan tertentu, manusia didorong untuk membuat pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Jurusan Ilmu Ekonomi akan menuntun kamu dalam membuat pilihan yang dianggap paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. Selain itu, dengan belajar Ilmu Ekonomi secara lebih dalam, kamu dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan. 

 

23. Jurusan Ekonomi Syariah

Jurusan Ekonomi Syariah atau yang kerap disebut dengan Ekonomi Islam ini mempelajari tentang ilmu, teori, dan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas dari perspektif Islam. Sebab, dalam ajaran agama Islam, nilai dan hukum setiap kegiatan ekonomi (seperti jual-beli, utang-piutang, simpan-pinjam, bagi hasil, dan lain-lain) telah diatur.

Secara garis besar, subjek-subjek yang akan kamu pelajari di jurusan ini sama dengan jurusan ekonomi lainnya. Hanya saja, prinsip ekonomi yang dipelajari di jurusan Ekonomi Syariah akan berdasar pada syariah Islam, yaitu Al-Quran, Hadits, dan kaidah fiqih lainnya. So, setelah masuk ke jurusan ini, kamu akan paham bagaimana pengelolaan keuangan dan bisnis dan Islam.

 

24. Jurusan Ilmu Aktuaria

Jurusan Ilmu Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari tentang actuarial science, yaitu ilmu yang merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri asurasi, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan, serta industri lainnya.

Jurusan Ilmu Aktuaria kerap juga disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Lho, kenapa? Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi, atau ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal. Keren ‘kan?

 

25. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki beberapa mata kuliah yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam mengelola jenis perpustakaan dan informasi. Jadi nggak selalu tentang buku aja kok. Banyak orang berpikir jika Ilmu Perpustakaan hanya berkutat dengan buku atau menjadi pustakawan yang berdiam dan mengawasi pengunjung perpustakaan. Padahal, banyak lulusannya yang bahkan jarang berkecimpung menjadi Pustakawan.

Program studi ini juga mengarahkan untuk terus mengikuti alur informasi dan teknologi informasi yang terus menerus mengalami kemajuan. Bagi kamu yang memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarier di bidang kepustakaan atau pengolahan informasi, program studi ini sangat cocok untukmu.

 

26. Jurusan Jurnalistik

Bidang kerja jurnalis merupakan profesi yang dinamis. Gimana nggak, sebagai jurnalis kamu nantinya akan bekerja sepenuhnya di lapangan, merangkai reportase, melakukan wawancara ke narasumber, dan tentunya bertemu banyak orang. Wajahmu juga mungkin saja terpampang di layar kaca apabila kamu seorang jurnalis televisi.

Ada banyak juga tuh mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Jurnalistik. Di antaranya adalah bahasa jurnalistik, ilmu penyiaran, metode penulisan berita, teknik wawancara, hukum etika pers, hingga ilmu manajemen media.

istockphoto-1350663727-170667aJurnalis (Sumber: unsplash.com)

 

27. Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu Pemerintahan mempelajari manajemen atau pengelolaan organisasi publik, seperti lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, dan lembaga lainnya yang berfungsi menjalankan fungsi negara sesuai undang-undang. So, untuk kamu yang tertarik dengan bidang politik khususnya lembaga negara, maka jurusan ini bisa kamu pilih. Selain pengetahuan politik, kamu juga akan dibekali dengan kemampuan negosiasi dan public speaking.

 

28. Jurusan Pariwisata

Suka jalan-jalan? Mau jalan-jalan sekaligus dibayar? Masuk ke jurusan Pariwisata bisa jadi salah satu cara untuk mewujukan impianmu, lho.

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan dunia pariwisata. Di jurusan pariwisata, materi-materi pembelajarannya jelas berkaitan dengan semua hal mengenai pariwisata, seperti manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan. Setelah kamu lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan sudah bisa tuh memberikan pelayanan pariwisata secara profesional.

 

29. Jurusan PGSD

Seperti namanya, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD mempersiapkan para mahasiswanya untuk menjadi guru SD. Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia pendidikan, jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu akan mempelajari semua materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa SD, seperti Tematik, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan sebagainya.

Selain materi belajar, kamu juga akan diberikan pengetahuan mengenai cara memahami karakter dan pengembangan kepribadian siswa, seperti disiplin, sopan santun, berjiwa sosial, dan sebagainya. Ini penting lho, sebab guru SD bertanggung jawab untuk membangun kepribadian siswa sejak dini. Sebagai strata pendidikan awal, jenjang SD menjadi pondasi ilmu yang berguna untuk siswa menghadapi jenjang pendidikan berikutnya. Jurusan PGSD bisa jadi pilihan jurusan kuliah IPS untuk wanita.

 

30. Jurusan Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital dibuka untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang siap bersaing di dunia global dalam bidang bisnis digital dan juga pengetahuan tentang media promosi online. Sebab, transaksi e-commerce di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, lho!

Secara umum, jurusan Bisnis Digital mempelajari bisnis yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital. Para mahasiswa akan diajarkan mengenai segala hal yang berkaitan dengan start-up digital, marketplacebig data, sampai artificial intelligence.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain seperti Statistika, Hukum Bisnis, Pengantar Bisnis, Pemasaran Internet, Perilaku Konsumen, E-Commerce Business, Database, dan masih banyak lagi. Seru banget ‘kan?

Banyak banget, kaaan, pilihan jurusan kuliah untuk anak IPS?! Semua keputusan ada di tangan kamu, ya. Pikirkan dengan matang apa yang akan kamu pelajari nanti setelah lulus dari SMA. Tidak ada jurusan yang mudah, semua membutuhkan usaha dan ketekunan. 

Jangan lupa belajar untuk menggapai jurusan impianmu! Itu, lho, ruangbelajar dibuka sekarang, dong! Jangan dianggurin saja 🙁

Referensi:

Ilmu Komunikasi. Universitas Padjajaran [daring]. Tautan: (Diakses 25 Agustus 2021)

Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta [daring]. Tautan: (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Jurusan Hubungan Internasional. Universitas Riau. Tautan: (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Ilmu Hukum. Universitas Brawijaya [daring]. (Diakses 25 Agustus 2021)

Harususilo, Yohanes Enggar. 25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik bagi Anak IPS, Lengkap dengan Prospek Kerja. 2019. Kompas [daring]. Tautan: (Diakses 25 Agustus 2021)

Kurikulum Fakultas Psikologi. Universitas Negeri Makassar [daring]. Tautan: (Diakses 25 Agustus 2021)

Akuntansi. Universitas Negeri Jakarta [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)

Jurusan Kriminologi – Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya. Rencanamu [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)

Kurikulum Prodi Sosiologi. Universitas Atma Jaya [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)

Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Negeri Malang [daring]. (Diakses 26 Agustus 2021)

Ilmu Politik. Universitas Jenderal Soedirman [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)

Fakultas Administrasi. Universitas Brawijaya [daring]. Tautan:  (Diakses 26 Agustus 2021)

Program Studi Sejarah. FIB UI [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)

Fakultas Filsafat. Universitas Gadjah Mada [daring]. Tautan: (Diakses 26 Agustus 2021)