10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester dengan Efektif

  • Whatsapp

Artikel ini memberikan tips-tips tentang cara menjawab soal ujian dengan efektif, begitu juga dengan soal ujian Penilaian Akhir Semester.

Nggak kerasa ya beberapa hari lagi kita memasuki tahun 2023. 

Wah beneran kan ini perasaan kemarin masih 2020?  

Sudah-sudah, mari kembali pada kenyataan, sudah dekat waktunya untuk penentuan naik kelas atau tinggal kelas, lulus atau tidak lulus. Waktu berjalan cepat, apakah kamu, masih jalan di tempat? Wah jangan dong ya. 

Seperti yang sudah-sudah, di akhir tahun pasti sudah masa-masanya kamu sibuk akan Penilaian Akhir Semester atau PAS bukan? Nah, buat kamu yang udah beberapa kali ikut PAS, apa sih yang biasanya kamu persiapkan untuk melaluinya dengan lancar dan berjaya? Atau jangan-jangan, nggak ada persiapan sama sekali? Wah, sekali lagi, jangan sampai begitu ya! Hehe

Karena namanya aja sudah penilaian, sudah pasti akan ada tes atau ujian, serta evaluasi yang dilakukan untuk menilai progres belajar kamu selama satu semester.

Penting buat kamu semua sebagai siswa, memahami tujuan dari diadakannya ujian-ujian yang buanyak macamnya itu. Supaya kamu selalu siap, dan tahu apa yang harus disiapkan, juga supaya kamu paham kenapa harus menyiapkan hal-hal itu.

Baca juga: 10 Tips agar Waktu Belajar Lebih Efektif Selama Ujian

Terus, supaya kita bisa dianggap berhasil memahami materi yang kita terima selama satu semester, kira-kira kamu udah tau belum apa saja indikator penilaian dalam PAS? Jawabannya tentu saja semuanya. Yap, semua yang mewakili kompetensi dasar pada semester itu termasuk pelajaran-pelajaran yang bikin kita garuk kepala bakal keluar di materi tesnya nanti. Maka dari itu, yakin nih ga mau persiapan? 

 

Kompetensi dasar adalah

 

Terus, gimana caranya aku berhasil melewati PAS, dan berhasil membuktikan bahwa aku sudah menguasai materi-materi yang diajarkan?” 

Jangan bingung ya, simak aja terus tulisan ini, yang mudah-mudahan bisa bantu kamu untuk susun strategi dan bisa menjawab soal PAS dengan efektif!

Baca juga: 5 Tips Belajar Menjelang Penilaian Akhir Semester

 

Sistem Ujian PAS

PAS dilakukan dengan model ujian tertulis. Otomatis, yang akan kamu hadapi itu soal-soal yang berhubungan dengan materi pelajaran yang kamu pelajari di kelas.

Kalau soal memahami konsep materi yang telah diajarkan, seharusnya kamu sudah menguasai ya. Jika belum, coba buka buku catatan kamu, atau notes yang ada di smartphone-mu itu.

Apa? Kosong? Wah, pasti isinya gambar-gambar idol, atau nggak, meme atau foto kucing ya? Nggak papa sebenarnya, kadang jadi halu bisa bikin motivasi buat belajar juga kok.

 

Persiapan Sebelum Ujian

Selain memiliki strategi yang baik dalam mengerjakan soal secara efektif, tetap penting untuk membawa bekal yang cukup saat memasuki ruang ujian ya! Mengulas materi itu penting untuk membuktikan bahwa selama satu semester tersebut, kamu paham dengan apa yang dipelajari. 

Yaudah gini aja, kamu nonton video belajarnya ruangbelajar di aplikasi Ruangguru dulu aja. Kontennya sama kayak yang kamu pelajari selama ini, dan lebih eksploratif, jadi bisa kamu pahami dengan cepat dan mudah.

Selanjutnya, kalau kamu sudah merasa paham, mulailah melatih dan mematangkan pemahaman kamu itu dengan latihan-latihan soal ujian. Kalau mau coba-coba tryout? bisa banget kamu cobain  di ruanguji, bingung ngerjain soalnya? tinggal gas tanyain ke roboguru, gampang kan, buat belajar sekarang ini, hehe

Latihan soal yang banyak. Kalau bisa semua pelajaran yang akan diujikan. Tentunya, lebih baik kebingungan dan bisa mencari solusinya ketika latihan soal, dibanding bingung saat ujian, bukan?

Nah, biar kamu bisa lebih termotivasi lagi buat persiapan diri menuju PAS, bisa nih ikutin beberapa tips menjawab soal PAS dengan efektif dari Ruangguru!

 

1. Siapkan semua perlengkapan yang harus kamu siapkan

Mengikuti ujian, tentunya juga harus siap baik dari materi, maupun teknis. Hal pertama yang harus kamu persiapkan agar dapat tenang mengerjakan ujian, yakni dengan disiplin membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan ketika ujian. Perlengkapan-perlengkapan yang umumnya dibutuhkan antara lain:

  • Pensil
  • Penghapus
  • Penggaris ujian
  • Bolpoin
  • Kalkulator (jika diperbolehkan)
  • Kartu ujian
  • Kartu pelajar
  • Hand sanitizer
  • Masker
  • Pakaian seragam yang lengkap (bila ujian tatap muka)

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak Cepat Lupa

 

2. Periksa dan pastikan soal tidak bermasalah

Sering kelewatan, tapi sebenarnya ;angkah pertama ini penting banget. Setelah soal dibagikan dan doa sudah dipanjatkan, saatnya membuka dan membaca soal. Sediakan waktu 1 menit untuk memeriksa soal. Periksa jumlahnya, kemudian periksa juga pilihan gandanya. Hal ini sangat penting dilakukan, supaya ketika di tengah pengerjaan, saat kamu sedang konsentrasi, tidak terganggu oleh masalah teknis pada soal-soal yang dibuat. Karena itu menyita waktu dan mengganggu konsentrasi.

Teliti dengan kondisi fisik dari perangkat ujiannya juga penting nih, kalau kamu mengikuti PAS secara luring di sekolah, periksa kondisi kertas jawaban, dan lembaran soal ujiannya. Pastikan tidak ada yang rusak, terlebih bila sekolah kamu sudah menerapkan ujian yang hasilnya diperiksa komputer.

Buat kamu yang sampai sekarang masih daring dari belajar sampai ujian (mohon bersabar ya) Pastikan segala hal teknis mulai dari perangkat laptop atau smartphone kamu dalam kondisi yang sehat dan siap untuk ujian, koneksi internet diusahakan lancar, agar tidak mengganggu kamu sewaktu ujian berlangsung.

 

3. Buatlah tiga pembagian soal berdasarkan tingkat kesulitan

Setelah belajar selama 1 semester, pastinya kamu tahu dong unggul dalam bidang dan materi apa. Ketika kamu sudah memeriksa dan memastikan tidak ada kecacatan pada soal, ini waktunya kamu menentukan soal-soal yang menurutmu paling mudah, sedang, dan paling susah. Cara seperti ini sangat bagus dilakukan sebelum kamu mencoba menjawab semua soal.

Kamu bisa memberikan tanda pada soal-soal sesuai dengan tingkat kesulitan. Misalnya, soal paling mudah kamu tandai centang, soal sedang kamu tandai lingkaran, dan soal paling susah kamu tandai kotak. Dengan melakukan pembagian ini, kamu akan tahu dan bisa menentukan prioritas dalam menjawab soal. Jadi lebih efektif deh.

Selanjutnya, kamu bisa tuh mulai mengurutkan pengerjaan soal dari yang termudah atau yang tersulit lebih dahulu. Sebenarnya disarankan untuk memulai dari yang termudah, lalu tersulit, mengapa begitu? Karena memulai dari soal termudah sedikit banyak bisa membuat kepercayaan diri kamu meningkat untuk menemukan solusi pemecahan masalah dari soal-soal. Bahasa kerennya biar ga mental breakdance pas baru awal-awal mulai, udah ketemu soal yang bikin garuk kepala. 

10 Tips Menjawab Soal Penilaian Akhir Semester dengan Efektif

 

4. Tenangkan diri ketika membaca soal

Apakah kamu pernah kebingungan dalam membaca soal, sudah diulang-ulangi tetapi kamu tetap tidak paham dengan maksud soalnya? Kemungkinan besar hal itu karena kamu tidak tenang ketika membaca soal ujian!

Coba tarik nafas dengan panjang dan perlahan, hilangkan seluruh pikiran lain selain ujian, dan mulai membaca secara perlahan. Hal ini mungkin akan membantu kamu untuk memahami pertanyaan dan mencari tahu solusi dari pemecahan masalah di soal tersebut. Tetapi jika sudah tenang, tapi kamu tetap tidak bisa memahami soalnya, tau kan harus apa sebelum ujian? Ya, belajar dulu ya! 🙂

 

5. Buat tiga pembagian waktu pengerjaan soal sesuai tingkatan

Selanjutnya, Jika kamu sudah memberikan tanda pada soal-soal sesuai dengan tingkatan kesulitannya, setelah itu saatnya kamu melihat ke arah jarum jam. Kemudian lihatlah waktu yang diberikan untuk mengerjakan seluruh soal. Jika sudah, saatnya kamu memberikan jatah waktu untuk mengerjakan soal mudah, soal sedang, dan soal sulit.

Jika waktu yang diberikan adalah 90 menit, kamu bisa membaginya menjadi 3 bagian. Pertama, kamu berikan 20 menit untuk soal yang mudah, 30 menit untuk soal sedang, dan 40 menit untuk soal sulit. Jika soal yang mudah jauh lebih banyak dari soal yang kamu anggap sulit, kamu bisa pangkas waktu untuk mengerjakan soal sulit, untuk menambahkan waktu pengerjaan soal mudah.

Cara ini sangat disarankan untuk selalu dilakukan pada saat ujian. Kenapa? Karena seringkali kita terlalu lama berkutat pada 1 – 3 soal yang sulit. Sehingga, waktu yang kita gunakan tidak efektif. Akhirnya kehabisan waktu, soal mudah tidak sempat dikerjakan, lalu menangis dalam pelukan… tiang bendera. Time management is power, guys!

 

6. Periksa kembali lembar soal dan jawaban

Kalau sudah selesai mengerjakan soal ujian, jangan lupa biasakan cek kembali lembar jawabannya. Pastikan kalau semua jawaban sudah lengkap terisi dan dicocokkan kembali dengan lembar soal. Takutnya kamu keliru menjawab, bacanya soal nomor 23, jawabnya di lembar jawaban nomor 25. Siapa nih yang suka begitu, gak fokus ngeliatin siapa tuh? Hehe

Lebih teliti lagi ya, kalau bisa berikan porsi waktu ujian kamu khusus untuk memeriksa kembali saat selesai. Jangan lupa juga hapus tanda-tanda pada soal yang kamu bagi tingkat kesulitannya. Jika sudah yakin dengan semua jawabanmu, keluarlah dari ruangan dengan perasaan senang, dan jangan overthinking ya!

 

7. Jangan terpaku sama satu soal yang sulit, tinggalkan dan kerjakan nanti

Nah, ini mungkin jadi masalah yang sering terjadi ditengah-tengah ujian. Nggak ngerti sama satu soal, kemudian stuck dan keburu stres duluan sebelum ngerjain soal-soal yang lain. Jangan sampai begitu ya! Its okay sebenarnya kalau kamu nggak ngerti sama satu atau dua soal, ketika kamu rasa belum bisa ngerjainnya, langsung tinggalin aja, lihat soal-soal berikutnya. 

Bisa jadi kamu nemu inspirasi untuk ngerjain soal sulit tersebut ketika ngebaca soal yang lain. Tipe-tipe soal yang sulit begitu bisa kamu kerjakan di akhir-akhir waktu ujian aja ya. 

 

8. Perhatikan sistem penghitungan nilai

Selanjutnya, saat sebelum memulai ujian, ketika ada pengawas yang menjelaskan sistematika penilaian atau penghitungan nilai ujian, sebisa mungkin kamu simak dengan teliti ya. Jika tidak dijelaskan pengawas ujian, kamu juga bisa menyimak di bagian atas soal mengenai petunjuk ujian. Hal ini harus kamu simak untuk mengetahui bagaimana poin penilaian dari soal yang kamu kerjakan. 

Bisa jadi ada soal dengan bobot nilai yang lebih besar dari soal lainnya, waktu pengerjaan ujian, dan hal-hal teknis lainnya. Ketika kamu memahami aturan dari ujian, kamu bisa menghindari membuat keputusan yang tidak tepat. Misalkan ketika ada aturan ujian berupa jawaban salah akan berakibat pengurangan skor, kamu bisa menghindari untuk menebak jawaban-jawaban dari soal yang nggak kamu kerjakan, begitu…

 

9. Atur jeda saat mengerjakan ujian

Tips selanjutnya, faktor fokus dan ketenangan jadi salah satu kunci nih, supaya kamu bisa mengatur ritme dengan baik, beri sedikit jeda singkat setiap kali kamu mengerjakan soal. Misalnya berhenti setelah 5 soal. Kamu bisa sejenak berhenti. Regangkan kaki dan leher, lihat ke luar jendela, dan tenangkan pikiranmu. Mengerjakan soal dengan terlalu memforsir dari soal ke soal akan membuatmu menjadi mudah tegang, apalagi di ujian dengan puluhan soal. Take it easy ya!

 

10. Berdoa dan minta restu dari orang terdekatmu

Kemudian, last but not least jangan lupa berdoa dan mintalah restu serta doa dari orang-orang terdekatmu, misalkan orang tua, keluarga, atau teman-teman dekat. Support dari mereka sedikit banyak pasti akan membantumu sebagai moral booster dan makin termotivasi untuk sukses mengerjakan ujian.

Baca juga: 7 Tips Agar Kamu Lebih Berkonsentrasi dalam Belajar

Yap, begitulah kira-kira 10 tips mengerjakan soal ujian penilaian akhir sekolah, yang bisa membantumu lebih efektif mengerjakan soal yang diberikan. Selain tips tadi, sebenarnya yang paling penting adalah, belajar mengendalikan emosi. Bersikap tenang, seolah ujian adalah cara kamu menunjukkan kepada semua orang tentang besarnya pengetahuan yang kamu miliki sebagai pelajar. 

Tetap rendah hati dan ajak teman-temanmu belajar di Ruangguru ya! Jangan pas ditanya udah belajar apa belum, bilangnya nggak belajar padahal lagi ngambis! 😀

Satu lagi, sebelum ujian, sempatkanlah berlibur. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat badan dan pikiran lebih fresh dari biasanya. Bisa jalan-jalan, nonton film, bermain game, dan lainnya, sesuai cara kamu masing-masing. Dengan begitu, rasa cemas akan berkurang, dan pikiran jadi tenang. Semoga PAS kamu lancar!