10 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Tema | Bahasa Indonesia Kelas 8

  • Whatsapp

Pasti kamu sering mendengar berita setiap hari, kan? Yuk, lihat contoh teks berita dalam berbagai tema yang bisa kamu jadikan referensi di artikel Bahasa Indonesia kelas 8 berikut ini.

“Setelah satu tahun tiga hari beristirahat, pada 4 Desember 2021 Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, meletus lagi. Letusan ini menghamburkan abu vulkanis, lava pijar yang cair, dan awan panas guguran.”

Hayoo, kira-kira tadi itu potongan dari teks apa, ya? Yap, bener banget, itu merupakan sedikit potongan dari teks berita. Berita pastinya mengandung teks yang berisi informasi kejadian di dunia ini yang berupa fakta. Biasanya, teks berita disajikan melalui media cetak atau disiarkan melalui televisi, radio, dan situs internet.

Pada masa sekarang ini, penting banget, nih, untuk kamu memahami tentang teks berita yang baik dan benar agar tidak mudah termakan hoaks. Yuk, simak beberapa contoh teks berita dalam berbagai tema beserta pengertian, struktur, ciri-ciri, unsur, dan kaidah kebahasaannya. Psst, ada pepatah mengatakan, seseorang yang menguasai berita, dialah yang akan menguasai dunia, lho!

 

Pengertian Teks Berita

Menurut KBBI, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Nah, dapat kita simpulkan bahwa teks berita adalah suatu teks yang menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat tentang suatu peristiwa atau kejadian faktual dan aktual yang diinformasikan secara tertulis.

Apa, sih, maksudnya faktual dan aktual? Faktual berarti teks tersebut ditulis berdasarkan kenyataan, sementara aktual artinya kejadian tersebut baru saja terjadi.

Sudah paham ‘kan? Jadi, teks berita itu adalah teks yang berisi tentang segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. 

Baca Juga: Pahami Pengertian Teks Berita, Unsur, Struktur & Kaidah Kebahasaannya

 

Ciri-Ciri Teks Berita

Teks berita memiliki beberapa ciri, di antaranya sebagai berikut:

  1. Bersifat objektif dan faktual. Artinya, teks berita memberitakan sesuatu yang benar-benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis
  2. Menyajikan peristiwa yang sedang terjadi, tetapi bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari
  3. Aktual, yaitu peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi, bukan peristiwa lampau
  4. Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa
  5. Bahasa yang disajikan menarik dan dapat memikat minat pembaca
  6. Data yang diberitakan lengkap, khususnya data penting
  7. Waktu dan tempat peristiwa jelas
  8. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca
  9. Alur peristiwa berurutan
  10. Kalimat yang digunakan singkat, padat, dan jelas
  11. Sumber berita valid dan bisa dipertanggungjawabkan
  12. Judul berita bisa mewakili isi berita
  13. Memuat unsur kata tanya 5W+1H atau ADiKSiMBa

 

unsur-unsur berita

Unsur-unsur teks berita mencakup 5W + 1H.

 

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita terdiri dari judul, kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Judul Berita

Judul sangat penting dalam suatu berita karena berperan sebagai pemikat pembaca untuk membaca isi dari teks berita. Untuk itu, judul harus dibuat semenarik mungkin agar dapat memancing rasa penasaran pembaca.

2. Kepala Berita (Lead atau teras berita)

Kepala berita memiliki lingkup bahasan yang lebih besar. Artinya, ada banyak informasi yang disajikan pada bagian ini. Informasi penting dalam berita memuat unsur ADiKSiMBa. Umumnya pada bagian awal berita ini, penulis akan mengawali informasinya dengan menyajikan 4 unsur, yaitu “apa, di mana, kapan, dan siapa.”

3. Tubuh Berita (Body)

Bagian tubuh berita berisi penjelasan atau informasi yang disampaikan pada bagian kepala berita. Bagian ini adalah jawaban atas pertanyaan “mengapa dan bagaimana”. Umumnya, memuat latar belakang atau alasan suatu peristiwa bisa terjadi.

4. Ekor Berita

Bagian ini mencantumkan informasi yang bersifat tambahan. Apabila bagian ini dihilangkan, tidak akan berpengaruh terhadap pokok berita.

jenis-jenis berita

Baca Juga: Membahas Teks Eksplanasi beserta Contohnya, Lengkap!

 

Contoh Teks Berita Singkat

Nah, untuk menambah referensi kamu dalam menulis teks berita, berikut contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W + 1H.

 

1. Contoh Teks Berita tentang Varian COVID-19

WHO: Omicron Lebih Cepat Menular daripada Delta, Lemahkan Vaksin

Jakarta, CNN Indonesia — Penelitian data awal oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Covid-19 varian Omicron lebih cepat menular ketimbang Delta dan dapat melemahkan vaksin yang ada saat ini.

“Berdasarkan data yang ada saat ini, Omicron kemungkinan bakal mengalahkan varian Delta di tempat di mana terjadi penularan antar-masyarakat,” demikian pernyataan WHO yang dikutip AFP, Minggu (12/12).

Merujuk pada data yang dihimpun WHO, saat ini Omicron sudah menyebar di 63 negara. Mereka melihat Omicron cepat menyebar di Afrika Selatan, di mana varian Delta tak mendominasi.

Namun, mereka juga mencatat penyebaran cepat Covid-19 varian Omicron di Inggris, yang kasusnya secara keseluruhan sebenarnya masih didominasi Delta.

Meski demikian, WHO menegaskan bahwa data yang ada saat ini masih kurang. Mereka pun belum dapat memastikan tingkat penularan Omicron tinggi karena lebih mudah menembus respons imun atau memang lebih cepat menular.

Selain itu, WHO juga menyatakan bahwa data awal menunjukkan Omicron menyebabkan “pengurangan efikasi vaksin terjadi infeksi dan penularan [Covid-19].”

Terlepas dari temuan tersebut, WHO menekankan bahwa infeksi virus corona varian Omicron sejauh ini hanya menyebabkan gejala ringan. Mereka masih mengumpulkan data untuk menentukan tingkat keparahan klinis Omicron.

Penelitian ini masih terus dilakukan setelah Afrika Selatan melaporkan temuan varian baru tersebut ke WHO pada 24 November lalu.

Sejak saat itu, banyak pakar memang menyebut Omicron lebih cepat menular dan kemungkinan dapat melemahkan vaksin yang sudah ada saat ini.

Kendati demikian, sejumlah produsen vaksin menyatakan bahwa suntikan mereka masih efektif melawan Omicron. Pfizer/BioNTech bahkan menyebut tiga dosis vaksin mereka efektif menangkal varian baru itu.

(Sumber:

kaidah kebahasaan teks berita

 

2. Contoh Teks Berita tentang Bencana Alam Gunung Meletus

[Update] – Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Sebanyak 3.697 Jiwa

JAKARTA – Penanganan darurat pasca awan panas guguran Gunung Semeru masih berlangsung pada hari keempat. Bencana letusan tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga yang mengungsi akibat rusaknya tempat tinggal akibat material vulkanik. 

Data terkini Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru pada hari ini, Selasa (7/12), pukul 12.00 WIB, jumlah warga mengungsi mengalami peningkatan menjadi 3.697 jiwa. Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang, sedangkan di Kabupaten Malang hanya terdapat 24 jiwa.

Sebaran titik pengungsian di Kabupaten Lumajang berada di Kecamatan Pronojiwo dengan 9 titik berjumlah 382 jiwa, Kecamatan Candipuro 6 titik 1.136 jiwa, Kecamatan Pasirian 4 titik 563 jiwa, Kecamatan Lumajang 188 jiwa, Kecamatan Tempeh 290 jiwa, Kecamatan Sumberseko 67 jiwa, Kecamatan Sukodono 45 jiwa, 

Data korban jiwa tercatat warga luka-luka 56 jiwa, hilang 17 jiwa dan meninggal dunia 34 jiwa, sedangkan jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa. Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang dan luka, posko masih melakukan pemutakhiran data dan validasi.

Selain dampak korban jiwa, erupsi mengakibatkan 2.970 unit rumah terdampak. Pihak pemerintah daerah masih melakukan pemutakhiran jumlah rumah terdampak maupun tingkat kerusakan. Bangunan terdampak lainnya berupa fasilitas pendidikan 38 unit dan jembatan terputus (Gladak Perak) 1 unit. 

Hari keempat pasca erupsi, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi terdampak yang berada di Kabupaten Lumajang. Presiden tiba di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, pukul 10.21 WIB. Presiden Jokowi bertemu para penyintas, melihat dapur umum dan meninjau pos Kesehatan serta menyerahkan santunan kepada para ahli waris korban meninggal akibat erupsi. 

Sementara itu, Gunung Semeru terpantau mengalami 2 kali gempa letusan dan durasi gempa 55 – 125 detik. Di samping itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan terjadi 7 kali gempa guguran dengan durasi 50 – 120 detik. Terkait dengan rekomendasi PVMBG terhadap aktivitas vulkanik Gunung Semeru sebagai berikut.

Pertama, masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Selanjutnya, radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Kedua, mengimbau masyarakat agar menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Ketiga, masyarakat perlu mewaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan.

Keempat, masyarakat perlu mewaspadai ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru. Hal tersebut mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk.

(Sumber:

Baca Juga: Mengenal Teks Eksposisi, Ciri, Pola Pengembangan, Struktur, dan Contohnya

 

3. Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Sebanyak 16 Unit Damkar Padamkan Api yang Bakar Dua Rumah di Cipete Utara

Dua rumah di Cipete Utara, Jakarta Selatan, terbakar. Kebakaran ini sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet.

Dua rumah yang terbakar tersebut berlokasi di kawasan perkampungan Jalan Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan.

“Itu lokasinya masuk perkampungan. Jadi, masuk Jalan Fatmawati Raya, kemudian masuk Jalan Cipete, dan masuk Jalan Haji Jian,” kata petugas Pemadam Kebakaran Sudin Jakarta Selatan, Dendi.

Enam belas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Mobil-mobil itu menyebar dan berusaha menjangkau lokasi kebakaran dari segala penjuru mata angin, mencari jalan tercepat. Akibatnya, macet tak terelakkan.

“Macet. Dari utara, barat, timur, kita kerahkan supaya mana yang lebih dulu sampai langsung bisa menangani. Jadinya macet di Cipete, di Pos Fatmawati, dan sekitarnya,” tutur Dendi.

Dendi menyatakan dua rumah yang terbakar itu berhasil dipadamkan dan sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung tak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan oleh petugas.

 

4. Contoh Teks Berita tentang Banjir

Belasan Motor Mogok Akibat Nekat Terjang Banjir di Bandar Lampung

Lampung Geh, Bandar Lampung – Nekat melintasi banjir, belasan sepeda motor alami mati mesin (mogok) di Jalan Yos Sudarso, Way Lunik, Kota Bandar Lampung sekitar pukul 16.30 WIB, Rabu (3/8/2022).

Berdasarkan pantauan Lampung Geh, hujan deras mulai mengguyur Kota Bandar Lampung sekitar pukul 14.00 WIB. Akibatnya sejumlah daerah serta jalan umum mengalami kebanjiran. 

Saksi mata, Rendi mengatakan, banjir di Jalan Yos Sudarso itu memiliki ketinggian sekitar 60 cm. Banyak pengendara sepeda motor yang nekat menerjang banjir hingga mengalami mati mesin.

“Banyak yang trabas (menerobos), terus mogok termasuk saya di Jalan Yos Sudarso dekat Jembatan Way Lunik. Ketinggian air sekitar se paha atas orang dewasa,” ungkapnya kepada Lampung Geh. 

Rendi juga mengungkapkan wilayah tersebut memang merupakan daerah langganan banjir terlebih ketika hujan deras mengguyur cukup lama. 

“Betul, di sini memang langganan banjir. Tapi sepertinya ini yang paling parah,” jelasnya.

(Sumber:

 

5. Contoh Teks Berita tentang Badai Salju di Amerika

Badai Salju dan Angin Kencang Ancam 75 Juta Warga Amerika

Badai salju dan angin kencang dari timur-laut berpotensi mengganggu 75 juta warga Amerika Serikat, tepatnya berpotensi memutus suplai listrik berbagai wilayah, menimbulkan banjir wilayah pesisir dan merusak perjalanan.

Badai yang terbentuk di lepas pantai Carolina, AS Jumat malam ini kemungkinan akan menguat dengan cepat saat mulai naik ke Pantai Timur semalam hingga Sabtu.

Dilansir dari CNN Weather (29/1), peringatan badai salju sudah disuarakan Jumat malam dan diperluas untuk mencakup 10 juta orang di 10 negara bagian di wilayah pesisir New England hingga Virginia. Zona tersebut meliputi Portland, Maine; Boston dan Cape Cod, Massachusetts; bagian timur Long Island di New York; Kota Atlantik, New Jersey; dan Ocean City, Maryland.

Layanan Cuaca Nasional AS juga memprediksi kondisi pemadaman listrik akan membuat perjalanan sulit, bahkan tidak mungkin, karena salju ditambah angin berkecepatan 56 km/jam (35 mph) selama lebih dari tiga jam, membuat jarak pandang kurang dari 400 meter.

Bahkan, terdapat lebih dari 2.000 penerbangan AS telah dibatalkan Sabtu, menurut FlightAware.

“Hujan salju terberat kemungkinan akan jatuh melintasi petak yang membentang dari Pantai Timur Maryland hingga sebagian besar Maine, dengan ketebalan salju kemungkinan bisa mencapai 6-12 inci,” kata Pusat Prediksi Cuaca (WPC) Jumat pagi.

Jika badai tersebut mencapai Boston, maka kota itu bisa mencatat rekor hujan salju terparah dalam satu hari sebesar 23,6 inci, yang pernah terjadi pada 17 Februari 2003.

Badai tersebut diperkirakan akan mendorong terjadi hujan salju lebat dan angin kencang di seluruh bagian Timur Laut, tetapi dampak pasti di seluruh wilayah masih dipertanyakan.

(Sumber:

 

6. Contoh Teks Berita tentang Olahraga Tenis

BREAKING NEWS – Legenda Tenis Roger Federer Umumkan Pensiun

Roger Federer akan menyudahi karier panjangnya di dunia tenis.

Laver Cup 2022 yang akan berlangsung pada pekan depan, 23-25 September, akan menjadi turnamen terakhir Roger Federer.

Cedera menjadi alasan Federer menyudahi kiprahnya sebagai petenis profesional.

Federer menghadapi sejumlah masalah fisik dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah operasi pada lutut juga menghalanginya untuk tetap aktif bertanding.

“Saya sudah berusaha keras untuk kembali ke performa kompetitif,” kata Federer dalam video yang diunggah di akun media sosialnya.

“Tetapi saya juga sadar dengan kapasitas tubuh saya dan batasannya, pesannya kepada saya sudah jelas. Usia saya sudah 41 tahun.”

“Laver Cup 2022 akan menjadi turnamen ATP terakhir saya. Saya masih akan bermain tenis tentunya tetapi bukan di Grand Slam atau Tour.”

Petenis berkebangsaan Swiss tersebut meraih kesuksesan besar sepanjang 24 tahun karier profesionalnya.

(Sumber:

 

7. Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan Beruntun

Detik-detik Kecelakaan Beruntun di Jalan Alternatif Cibubur

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Transyogi, Desa Nabrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Kecelakaan melibatkan satu truk dan dua mobil.

“Kendaraan yang terlibat dump truck Isuzu nopol B-9756-BYZ, Daihatsu Xenia nopol B-1516-FRP, dan Suzuki APV nopol B-1457-TOI,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Ipda Angga Nugraha melalui keterangannya, Senin (19/9/2022).

Kecelakaan beruntun bermula saat kendaraan dump truck melaju dari arah Gunung Putri menuju Cileungsi. Truk mengalami gagal fungsi rem di jalan menurun.

“Kondisi jalan menurun, arus lalu lintas padat, setiba di tempat kejadian perkara (TKP) gagalnya fungsi rem, lalu truk menyerempet belakang sebelah kanan Daihatsu Xenia,” terangnya.

Kemudian truk bergerak ke depan menabrak bagian belakang kendaraan Suzuki APV. Kemudian truk berhenti setelah menabrak kendaraan tersebut.

Diketahui, kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Cileungsi, Bogor. Kecelakaan menimbulkan kemacetan parah di lokasi kejadian.

“Informasinya ada kecelakaan, saya sudah tiga jam lebih di Jalan Alternatif Cibubur, macet,” ujar pengendara mobil, Nanda, saat dihubungi detikcom.

Nanda mengatakan berangkat dari rumah di Citra Indah, Cileungsi, Bogor, sekitar pukul 10.00 WIB. Hingga pukul 14.00 WIB, kendaraannya masih berada di Jalan Alternatif Cibubur.

“Ini baru sampai di Kota Wisata, di Legenda maju dikit,” ujar Nanda saat dihubungi pukul 13.56 WIB.

(Sumber:

 

8. Contoh Teks Berita tentang Turnamen Moto GP

Kemenangan Perdana Quartararo di MotoGP 2022

MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve Portimao baru saja berakhir dan dimenangkan Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Minggu (24/4/2022).

Posisi kedua diisi oleh Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati dan di belakangnya ada Aleix Espargaro dari Aprilia Racing.

Quartararo menjadi pebalap keempat yang memenangkan seri MotoGP, setelah Enea Bastianini, Miguel Oliveira, dan Aleix Espargaro. Selain itu, kemenangan di MotoGP Portugal 2022 menjadi kemenangan perdana Quartararo di MotoGP 2022.

Quartararo memulai balapan dari grid ke-5 dan langsung menempel ketat Joan Mir yang memiliki start bagus. Mir memang sempat memperlebar jarak dengan Quartararo, namun pebalap dengan nomor start 20 ini tidak menyerah.

Sampai di lap ke-4, Quartararo berhasil mengambil slip stream dari Mir dan menyalipnya di tikungan pertama. Mulai saat itu, Mir tidak mampu memperpendek gap waktu dengan Quartararo.

Bahkan Quartararo berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 39,4 detik. Sampai akhir balapan pun Quartararo berhasil menjaga jarak waktu sampai lebih dari 5 detik.

Berkat tambahan 25 poin, Quartararo menjadi pemimpin klasemen dengan 69 poin. Sedangkan Zarco berhasil naik ke klasemen 5 dengan 51 poin dan Aleix Espargaro tetap di posisi ketiga klasemen dengan 66 pon.

(Sumber:

 

9. Contoh Teks Berita tentang Lumpur Lapindo

Mengenang 15 Tahun Lumpur Lapindo, Penyebabnya Misterius

Sudah 15 tahun tragedi semburan lumpur panas Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, berlalu. Namun sampai ini belum diketahui penyebab semburan gas disertai lumpur tersebut.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021), semburan itu berasal dari Sumur Bajarpanji 1 di Kecamatan Porong. Titik munculnya semburan berasal dari lokasi pengeboran gas milik PT Lapindo Brantas.

Awalnya semburan lumpur bercampur gas itu muncul pada waktu subuh di tengah persawahan desa. Warga dilaporkan keracunan akibat menghirup gas tersebut. Belakangan diketahui bahwa gas itu mengandung zat hidrogen sulfida.

Bencana ini pun memecahkan rekor sebagai sumber metana terbesar di Bumi. Fakta tersebut dijelaskan dalam artikel jurnal bertajuk Relevant Methane Emission to the Atmosphere from a Geological Gas Manifestation yang dirilis Scientific Report pada 18 Februari 2021.

Para peneliti menyebutkan bahwa semburan lumpur Lapindo memecahkan rekor sejarah gas metana tertinggi di Bumi yang menyumbang efek gas rumah kaca dan bencana hidrometeorologi di Indonesia.

Berdasarkan penelitian tersebut, emisi gas metan dari semburan lumpur Lapindo berimbas pada lonjakan suhu Bumi yang menyebabkan krisis iklim semakin buruk.

Seperti diketahui semburan lumpur panas itu kali pertama muncul di Dusun Balongnongo, Desa Ronokenongo dan Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, pada 29 Mei 2006. Lumpur panas yang terus menyembur ini menggenangi permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya.

Lokasi pusat semburan hanya berjarak 150 meter dari sumur Banjar Panji-1 (BJP-1), yang merupakan sumur eksplorasi gas milik PT Lapindo Brantas.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab munculnya semburan gas dan lumpur panas tersebut. Ada yang menyebut semburan muncul akibat pecahnya formasi sumur pengeboran. Sementara beberapa ahli mengatakan semburan lumpur panas itu disebabkan patahan, seperti terjadi di beberapa lokasi, salah satunya di Jawa Tengah, yaitu Bledug Kuwu.

(Sumber:

 

10. Contoh Teks Berita tentang Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun

Ratu Elizabeth II, penguasa terlama dalam sejarah Inggris, meninggal dunia pada usia 96 tahun.

Dilansir dari Guardian, Pangeran Charles, 73, pewaris takhta sejak usia tiga tahun, sekarang menjadi raja, dan akan diumumkan secara resmi di Istana St James di London sesegera mungkin.

Dalam sebuah pernyataan, Istana Buckingham mengatakan: “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok.”

Bendera di gedung-gedung terkenal di Inggris diturunkan sebagai periode berkabung resmi diumumkan.

Sebagai Ratu Inggris dan 14 kerajaan lainnya, dan kepala Persemakmuran 54 negara, Elizabeth II dengan mudah menjadi kepala negara yang paling dikenal di dunia selama masa pemerintahan yang luar biasa panjang.

(Sumber:

Baca Juga: Membahas Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, dan Contohnya

 

Nah, itulah beberapa kumpulan contoh teks berita singkat yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas di sekolah. Mau belajar tentang teks berita dan melihat contoh-contohnya lebih banyak lagi dengan bantuan visual. Yuk, langsung buka ruangbelajar!

Referensi:

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Contoh Teks Omicron [daring]. Tautan: (Diakses: 13 Desember 2021)

Contoh Teks Gunung Semeru [daring]. Tautan: (Diakses: 13 Desember 2021)