10 Cara Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

  • Whatsapp

Masih gugup, takut dan cemas saat harus berbicara di depan umum? Yuk, coba terapkan beberapa tips dan cara mengatasinya berikut ini.

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah. Apakah kamu juga gitu? Terlebih, ketika kamu diminta secara tiba-tiba untuk menyampaikan pendapat. Pasti panik, kan? Secara tidak sadar, kamu akan merasa berkeringat, gemetar, dan tidak fokus. Nah, inilah tanda-tanda kamu mengalami gugup untuk berbicara di depan umum. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu pelajari supaya bisa mengatasi gugup berbicara di depan umum. Penasaran gimana caranya? Yuk, simak dulu!

 

1. Persiapkan Mental

Hal yang pertama kamu harus lakukan yaitu mempersiapkan mentalmu agar lebih berani untuk menjadi pusat perhatian. Caranya, kamu harus mengendalikan rasa takutmu dulu. Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut susah untuk dilakukan. Akan tetapi, dengan istirahat yang cukup, serta melakukan relaksasi sebelum tampil, dapat membuat rasa gugupmu akan berkurang lho. Selain itu, kamu pun bisa berjalan ke arah audiens atau papan presentasi saat sedang berbicara.

 

2. Catat materi terlebih dahulu 

Biasakanlah untuk memiliki catatan materi sebelum menyampaikan pendapat di depan banyak orang. Hal ini sangat berguna, sehingga kamu akan tahu apa saja yang akan disampaikan. Jadi, tidak akan terbata-bata apalagi kebingungan saat berbicara kan? Namun, kalau kamu tidak sempat menyiapkannya, maka strategi satu-satunya adalah banyak membaca. Kamu pasti akan selalu tahu untuk memberikan tanggapan mengenai apapun. Hayo, siapa yang malas membaca?

Baca Juga: Tips Bangun Kebiasaan Membaca Buku, Khusus Bagi Kamu yang Kurang Suka

 

3. Konsentrasi dan tenang 

Selalu fokuskan dirimu pada inti pembicaraan dan kata kunci. Jangan pernah mencoba menghapalkan kata-kata yang kamu tulis di catatan materi. Hal tersebut akan menjadi alasan utama hilangnya konsentrasi. Supaya menambah rasa percaya diri, pusatkan perhatian pada penonton yang tertarik dengan bahasanmu saja.

 

4. Melakukan latihan terlebih dahulu

Kamu pasti tahu mengenai peribahasa “practice makes perfect” bukan? Well, memang sangat penting untuk kita berlatih terlebih dahulu, sebelum tampil berbicara di depan publik. Percuma kamu sudah menyiapkan materi yang begitu bagus, kalau tidak bisa menyampaikannya dengan baik. Berlatih di depan cermin juga ampuh, lho! Kamu jadi bisa melihat dan menilai gesture tubuhmu sendiri deh.

 

tips berbicara di depan umumPresentasi di depan umum (Sumber: unsplash.com)

 

5. Jangan memaksa diri tampil sempurna

Semakin kamu berekspektasi tinggi terhadap penampilanmu, ini sama saja dengan menambah beban untuk dirimu sendiri. Kamu nantinya malah akan semakin gugup. Apalagi ketika melakukan kesalahan kecil di tenagh-tengah banyak orang. Fokusmu pasti akan hilang. Rasa percaya dirimu juga akan berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya usahakan dirimu untuk selalu tampil maksimal ya, bukan sempurna.

 

6. Tatap mata penonton

Berbicara sambil menatap mata penonton menujukkan kamu adalah orang yang percaya diri dan menguasai topik yang sedang kamu bawakan. Membuat eye contact juga bisa meningkatkan engagement atau ketertarikan dari penonton, lho. Apabila belum terlalu percaya diri, kamu bisa melakukan ini beberapa kali saja dan kemudian alihkan pandanganmu ke arah lain yang tidak ada penonton. Namun ingat, jangan terlalu sering menunduk karena akan menunjukkan kamu kurang percaya diri.

 

7. Bicara perlahan dan jelas

Sebelum mulai bicara, tenangkan diri dan atur pernapasanmu. Jangan terburu-buru ingin menyelesaikan seluruh hal yang harus dibicarakan. Bicaralah dengan perlahan dan jelas agar semua hal yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik oleh penonton. 

Baca Juga: Jago Public Speaking? Ini Jurusan yang Bisa Kamu Pilih

 

8. Berinteraksi dengan penonton

Untuk memecah ketegangan dan membuat suasana lebih cair, tidak ada salahnya kamu mulai interaksi dengan penonton. Buat penonton lebih tertarik dengan memberikan pertanyaan atau pendapat dari penonton. Dengan melakukan interaksi, kamu akan merasa lebih dekat dengan penonton dan bisa mengurangi rasa tegang.

 

tips berbicara di depan umumBerinteraksi dan jadi diri sendiri (Sumber: unsplash.com)

 

9. Jadi diri sendiri

Selama kamu berdiri di depan penonton dan menjadi pembicara, gunakan gaya bahasamu sendiri. Jangan mencoba jadi orang lain karena ini justru bisa membuat kamu kurang nyaman dan kurang percaya diri. Jadilah diri sendiri agar kamu bisa lebih tenang dan nyaman selama berbicara.

 

10. Jangan lupa berdoa

Ingat, jangan lupa berdoa. Berdoa sebelum memulai pembicaraan akan membuat kamu lebih tenang dan yakin bahwa kamu bisa menyelesaikan ini dengan baik. Dengan berdoa, kamu akan mendapatkan energi positif yang  bisa membantu kamu lebih percaya diri.

Nah, gimana menurutmu cara mengatasi gugupnya? Berguna sekali ya untuk bisa langsung diaplikasikan di dalam keseharianmu. Kalau sudah berhasil mencoba, jangan lupa beri komentarmu di kolom komentar ya! Share juga artikel ini ke teman-temanmu yang sering mengalaminya, yuk! 

Selain mengasah skill public speaking, kamu juga bisa lho belajar skill lainnya bersama tutor berpengalaman di Ruangguru Privat.