10 Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula 2021

Investasi saham makin dilirik warga. Ditambah, ada momen wabah Covid-19 pada 2020 lalu yang pernah tekan pasar saham di Tanah Air, membuat investor retail beramai-ramai masuk ke instrument investasi ini. Harga saham yang melorot jauh buka kesempatan investor pemula untuk mencoba peruntungannya di investasi saham.

Tetapi di luar ‘momen’ yang tidak sering terjadi ini, investasi saham memang lumayan janjikan. Ada kekuatan imbal hasil besar yang menanti di ujung jalan, dibandingkan instrument investasi yang lain. Tetapi tidak boleh salah, imbal hasil yang tinggi sesuai dengan resikonya yang lumayan besar. High risk, high return. Jargon ini terbaik memvisualisasikan kesempatan investasi di pasar saham.

Karena itu, seorang investor perlu tetap menimbang profile resiko ketika akan pilih sebuah instrument investasi. Jika sudah siap masuk instrument saham, karena itu investor masih perlu lakukan penelitian dan pengkajian saat menentukan saham.

Salah satunya langkah investasi saham yang termudah dan sederhana ialah memakai aplikasi saham. Aplikasi ini disiapkan oleh perusahaan sekuritas, atau oleh perusahaan yang bekerja bersama dengan sekuritas. Pasti harus tetap izin Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).

Untuk investor saham pemula, kehadiran aplikasi saham pasti benar-benar menolong. Cuman dengan 1 aplikasi di handphone, kamu dapat lakukan registrasi sampai lakukan jual beli saham.

Lalu apa aplikasi saham terbaik untuk yang baru memulai pada tahun 2021 ini? Baca penjelasannya berikut:

1. IPOT

Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah aplikasi saham yang terpopuler di Indonesia. Aplikasi IPOT sebagai ekosistem online trading dari PT Indo Premier Sekuritas untuk melakukan investasi saham, reksadana, dan ETF dengan feature yang lumayan komplet.

Salah satunya favorit yang dijajakan IPOT ialah ada proses Robo Trading dan Fund Evaluator yang automatis dapat jalankan semua perintah order jual dan membeli pada saham dan harga yang sudah kamu tetapkan. Dengan sarana ini, kamu tidak kehilangan peristiwa untuk lakukan perdagangan saham di harga yang kamu harap.

Investor bisa juga tentukan opsi investasi pertamamu di reksadana dengan kontribusi Fund Evaluator.

Banyak kelebihan IPOT:

  • Registrasi account dapat dilaksanakan lewat cara online, tanpa bertemu muka
  • Tidak ada minimal deposit saat buka account saham
  • Integratif investasi saham dan reksadana pada sebuah aplikasi
  • Ada beragam feature yang mempermudah investor lakukan transaksi bisnis saham
  • Charting Stok dan Fund yang lumayan komplet
  • Ada feature informasi dan penelitian yang dalam oleh team Indo Premier
  • Penampilan antar-muka (pemakai interface) yang mempermudah pemakai
  • Fee jual saham disebut 0,29 % per transaksi bisnis, sementara fee membeli saham 01,9 % per transaksi bisnis.

2. Stokbit

Aplikasi Stokbit awalannya datang sebagai komune komunitas trading saham alias social trading. Komunitas ini tawarkan banyak faedah karena beberapa investor dapat sama-sama tukar info tentang emiten atau referensi saham.

Stokbit makin dikenali karena saham sendiri sebagai instrument investasi yang gerakan harga cukup dikuasai oleh sentimen pasar, terhitung oleh kabar berita atau isu. Karena ada komunitas di Stokbit, beberapa investor saham senior dapat memberinya analitisnya berkaitan sentimen pasar yang ada dan bagaimana efeknya ke emiten tertentu.

Untuk investor saham pemula, sudah pasti info semacam ini benar-benar bernilai. Walau tidak tepat 100 %, tetapi info dan analitis ini cukup bermanfaat sebagai bahan pemikiran saat sebelum lakukan transaksi bisnis.

Tetapi seiring waktu berjalan, Stokbit juga sediakan sarana jual-beli saham dengan bekerja bersama dengan Sinarmas Sekuritas. Tetapi ingat, Stokbit ini bukanlah broker saham ya.

Diambil dari keterangan di aplikasi Stokbit, disebut jika Stokbit ialah aplikasi invstasi saham di mana kamu bisa berunding, menganalisa, dan trading saham pada sebuah aplikasi mobile.

Banyak kelebihan Stokbit:

  • Dapat online trading saham
  • Ada feature belajar saham
  • Belajar saham dengan virtual trading atau replikasi jual beli saham scara online yang mempermudah kamu belajar investasi saham.
  • Komunitas dialog bersama masalah saham
  • Kamu dapat menganalisa info sekitar saham dengan investor dan trader dalam komune Stokbit. Telah lebih dari 100.000 investor dan trader yang tergabung dan sama-sama share panduan saham dalam komune ini. Kamu dapat memperoleh referensi saham atau stokpick dari sekuritas dan instansi penelitian dengan gratis.
  • Ada chart saham dan technical indicator.
  • Kamu dapat lakukan charting saham in the Cloud dengan Chartbit (online charting basis) untuk memberikan dukungan kegiatan trading kamu. Ada sinyal saham seperti foreign flow dan data bandar (bandarmology). Ada juga technical indicator komplet dengan Foreign Flow, Bandarmology, Darva Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI, dan ada banyak kembali
  • Sediakan data esensial
  • Data esensial saham yang kamu butuhkan menjadi seorang investor yang penuh penghitungan. Seperti PE Ration,
  • Price to Book Nilai, Debt to Equity, ROE, sampai Dividend Yield
  • Pas untuk investor atau trader
  • Stokbit bisa menolong investor dengan konsep nilai investing atau trader yang mengaplikasikan swing trading.

3. MOST Berdikari

MOST ialah aplikasi trading saham yang disiapkan oleh Berdikari Sekuritas, salah satunya broker saham paling besar di Indonesia. Berdikari Sekuritas sekalian sebagai anak usaha PT Bank Berdikari Tbk. MOST datang dengan pemakai interface atau penampilan antar-muka yang ramah pada pemakai baru atau investor saham pemula.

Di MOST, fee jual saham 0,28 % per transaksi bisnis dan fee membeli saham 0,18 % per transaksi bisnis.

Beberapa keunggulan pada MOST:

Registrasi account dapat dilaksanakan full online
Berdikari Sekuritas mendatangkan support training secara bertemu muka atau online untuk investor saham
Akses penuh ke penelitian harian dari beberapa analitis handal Berdikari Sekuritas

4. BIONS – BNI Sekuritas Innovative Trading Sistem

Sama dengan MOST, BIONS didatangkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), salah satunya BUMN perbankan paling besar di Indonesia. BIONS tampilkan penampilan bertemu muka yang memikat dan ramah pada investor pemula. Jika kamu tertarik melakukan investasi saham dengan BIONS, karena itu perlu siapkan setoran awalnya minimum Rp 1 juta.

Banyak kelebihan BIONS diantaranya:

Penampilan yang ramah pada investor pemula
Ada account trial, untuk calon investor yang coba tanpa memakai uang. Dengan sarana ini, calon investor dapat melatih diri dengan kegiatan perdagangan saham lewat cara online
Feature yang disiapkan BIONS lumayan komplet, dimulai dari automatic order daftar, watchlist, sector trade, research, esensial, sampai corporate action. BIONS mendatangkan informasi dan info terkii dan hasil penelitian dari BNI Sekuritas

5. RTI Bussiness

Aplikasi ini dapat disebut benar-benar menolong beberapa investor saham dalam membuat taktik jual beli saham. RTI Bussiness menyuguhkan beragam info tentang IHSG, charts, data keuangan, informasi masing-masing emiten, sampai kurs. Kamu bisa juga menyaksikan info tentang performa perusahaan dalam waktu 5 tahun lewat penghasilan pernyataan, aliran kas, keuntunganability, balance sheet, growth sampai earnings.

Menariknya, RTI Bussiness menyuguhkan feature IDX virtual online trading atau replikasi trading saham. Feature ini pas untuk kamu yang pemula dalam investasi saham dan ingin ketahui terlebih dahulu sangkut-paut trading saham.

6. Mirae HOST

Aplikasi yang ini cukup terkenal di kelompok investor saham. Aplikasi yang didatangkan oleh Mirae Asset Sekuritas Indonesia untuk investor saham ialah HOST untuk pemakai PC atau netbook dan NEO HOST untuk pemakai handphone.

Walau minimal depositnya lumayan besar, yaitu Rp 10 juta, tetapi nasabah mempunyai pilihan untuk buka rekening dana pelanggan (RDN) di empat bank. Hingga investor juga punyai beberapa pilihan untuk mentransfer uangnya. Fee jual-beli saham di Mirae juga cukup rendah, yaitu 0,25 % untuk jual dan 0,15 % untuk membeli saham.

7. Ajaib

Aplikasi saham yang ini cukup ‘hits’ terakhir karena mendatangkan artis Korea terkenal, Kim Seon Ho sebagai bintang iklannya. Artis ini memainkan watak Han Ji Pyeong dalam seri populer Start Up di Netflix.

Nach, Ajaib sendiri termasuk pemain baru dalam penyuplai service trading saham. Aplikasi Ajaib dipunyai oleh Ajaib Grup yang memayungi dua perusahaan, yaitu Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas . Maka Ajaib mendatangkan pilihan investasi di reksadana atau saham sekalian.

Dengan sarana ini, karena itu seorang nasabah tak perlu pusing memakai dua aplikasi yang lain untuk investasi reksadana dan saham. Kelebihan yang lain, Ajaib mendatangkan penampilan pemakai interface yang cukup dekat dengan pemain saham pemula.

8. Philips POEMS ID

POEMS (Phillip’s Online Elektronik Mart Sistem) sebagai aplikasi trading yang didatangkan oleh Philips Securities. POEMS memberinya pilihan pembukaan rekening dana pelanggan (RDN) yang cukup bermacam, salah satunya ialah Bank BCA, Berdikari, Permata, dan Sinarmas untuk account konservatif dan BCA Syariah untuk account syariah.

Ada dua service favorit yang disiapkan POEMS ID, diantaranya:

1. ProStock

Service untuk melakukan investasi saham secara realtime, aman, dan gampang. Dengan service ProStock dalam POEMS ID, investor bisa lakukan analisis esensial yang disokong dengan laporan perusahaan yang komplet dan terbaru, dan bisa lakukan analisis teknikal dengan charting yang disokong oleh Trading View.

2. Profunds

Service untuk lakukan investasi di supermarket reksa dana online, ada lebih dari 100 produk reksa dana dari manager investasi tepercaya di Indonesia dengan ongkos yang paling dapat dijangkau dimulai dari Rp50.000. Investor bisa menyaksikan info mengawasi perkembangan reksa dana yang dipunyai secara realtime. Sekarang ini Profunds sebagai salah satunya supermarket reksa dana online tebesar di Indonesia.

Beberapa feature pintar yang ada dalam aplikasi POEMS ID:

1. Feature SmartStart: Feature yang memberinya referensi paket reksa dana untuk beberapa investor pemula yang didalamnya disamakan dengan profile resiko konvensional, moderat, dan agresif.

2. Feature SmartPlan: Feature nabung saham secara automatis yang menolong melakukan investasi dengan teratur dengan tentukan tanggal pembelian saham / reksa dana, jumlah yang bakal dibeli dan produk saham / reksa dana yang dibeli.

3. Feature SmartSafe: Feature yang bakal secara automatis jalankan perintah membeli atau jual saham, berdasar keadaan price based, time based, dan post trading. SmartSafe menolong Anda lakukan keuntungan taking atau cut loss sama sesuai gagasan tanpa perlu takut kehilangan momen yang ada.

4. Feature AutoSweep: Mengoptimalkan keuntungan dengan jadikan dana terendap di RDI berkembang lebih optimal. Feature ini memakai sarana auto subscribe dan auto redeem pada reksa dana pasar uang tanpa mengusik transaksi bisnis Anda setiap harinya.

9. BCAS Best Mobile

BCA Sekuritas punyai aplikasi trading saham yang paling dipercaya brnama BCAS Best Mobile. Aplikasi ini memprioritaskan pemakai interface yang cukup friendly dengan pemakai pemula. Dengan memakai aplikasi ini, fee membeli diputuskan sebesar 0,18 % dan fee jual 0,28 %.

Ada beberapa feature favorit yang digotong oleh BCAS Best Mobile, diantaranya:

  • Real Time Pasar Data
  • Stok Informasi
  • Ahli Order
  • Portfolio
  • Stok Chart
  • Watchlist

10. MNC Sekuritas

Sama sesuai namanya, MNC Sekuritas ialah anak usaha MNC Grup di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Ketetapan transaksi bisnis lewat MNC Sekuritas, diantaranya, fee membeli 0,18 % dan fee jual 0,28 %. Setoran awalnya untuk buka account cukup Rp 100.000 saja.

Proses pembukaan rekening di MNC juga lumayan gampang dapat dengan online tanpa bertemu muka. Tetapi kamu perlu punyai rekening di BCA untuk dapat buka account saham di MNC Sekuritas.

Panduan Pilih Aplikasi Saham

Nach, itu lah beberapa aplikasi saham yang pas buat kamu yang baru memulai dalam mengawali investasi saham. Ada banyak panduan yang penting kamu lihat saat menentukan aplikasi saham, diantaranya:

Samakan dengan pemilikan rekening bank yang kamu punyai. Ada banyak sekuritas yang cuman sediakan pilihan rekening dana pelanggan (RDN) tertentu.
Bandingkan fee trading yang rendah. Ini pasti memudahkamu saat lakukan transaksi bisnis jual dan membeli saham. Maknanya walau kamu cukup kerap lakukan transaksi bisnis, sedikit fee yang yang perlu dibayarkan.
Samakan dengan tersedianya dana. Ada banyak sekuritas yang mewajibkan peletakan dana awalnya lumayan tinggi. Walau sebenarnya, bisa jadi kamu ialah investor pemula yang baru ingin mencoba instrument investasi saham. Jika demikian, kamu dapat pilih sekuritas yang tawarkan persyaratan setoran awalnya minimal.
Yakinkan aplikasinya gampang digunakan. Kamu dapat memperbandingkan pemakai interface masing-masing aplikasi dengan menyaksikan ulasan di Google Play.

Pos terkait